Menu

Target Peraih APE, Pemko Dinilai Pusat

  Dibaca : 76 kali
Target Peraih APE, Pemko Dinilai Pusat
EKSPOSE— Menyangkut target peraih APE, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar melakukan ekspose secara virtual.

BUKITTINGGI, METRO
Wali Kota Bukittinggi Erman Safar melakukan ekspose pada Verifikasi Lapangan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) secara virtual di BCC Bukittinggi, Selasa (30/3), Kegiatan itu juga dihadiri sekretaris daerah, Plt Asisten III Kadis P3APPKB, Kepala Bappelitbang, Inspektur, Kepala Badan Keuangan serta SKPD terkait lainnya

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengatakan, Pemko Bukittinggi telah menunjukkan komitmen lewat 7 prasyarat PUG yaitu komitmen lewat peraturan daerah, adanya kebijakan operasional atau teknis, adanya pokja, fokal point dan tim teknis. Kemudian, adanya sumber daya baik SDM, Dana dan Sarana Prasarana, adanya profil gender statistik gender, adanya panduan, modul dan bahan KIE serta adanya dukungan masyarakat.

“Terkait PUG ini telah dintegrasikan pada visi, misi serta RPJMD Kota Bukittinggi Tahun 2016-2021. Dimana isu perempuan dan anak menjadi salah satu isu strategisnya. Dengan sasaran meningkatknya kualitas penduduk, pembangunan keluarga, Pengarusutamaan gender dan perlindungan anak,” jelas Erman.

Sementara, Asisten Deputi Keseteraan Gender Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dermawan mengatakan, verifikasi kali ini yang dilaksanakan secara daring, menjadi tantangan sendiri bagi verifikator maupun bagi Kota Bukittinggi dalam menyiapkan bahan. Karena itu Dermawan mengapresiasi pemerintah Kota Bukittinggi yang telah melengkapi data dan informasi terkait pengarusutamaan gender berikut capaian selama tahun 2020.

Menurut Dermawan, data itu sangat penting dalam menyusun langkah efektif dan efisien dalam mewujudkan keadilan yang merata bagi laki laki dan perempuan. Tujuan kegiatan hari ini adalah untuk memverifikkasi dan melihat lebih dalam lagi berdasarkan isian formulir yang sudah dikirimkan sebelumnya dengan data lebih lengkap.

“Hasil verifikasi dan data yang lebih lengkap itu akan menjadi dasar pertimbangan bagi calon penerima Anugerah Parahita Ekapraya 2020 bagi kabupaten dan kota yang dinilai berhasil dalam mewujudkan pengarustamaan gender di daerah. Hasil verifikasi konfirmasi dan validasi data akan menjadi patokan penilaian utama karena itu diharapkan tetap mengirimkan data tambahan yang dibutuhkan nantinya,” ujar Dermawan.

Tin verifikator dipimpin Yusuf Supiandi. Menurut Yusuf Supiandi, komitmen dari Walikota Bukittinggi menjadi pedoman bagaimana harapan dan proyeksi Pengarusutamaan Gender di Bukittinggi. hal itu akan menjadi nilai besar dalam penilaian ini. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional