Menu

Tanjung Sari Mural Competition 2019, Diapresiasi Seniman Mural Nasional

  Dibaca : 570 kali
Tanjung Sari Mural Competition 2019, Diapresiasi Seniman Mural Nasional
MELUKIS— Seniman Mural tengah melukis dinding yang merupakan kanvas lukisan mereka. (zeki/posmetro)

SAWAHLUNTO, METRO – Walikota Sawahlunto, Deri Asta mengapresiasi warga Tanjung Sari, Kelurahan Aur Mulyo atas dilaksanakannya perhelatan Tanjung Sari Mural Competition 2019 di Halaman Kecamatan Lembah Segar, Sabtu (23/11).

Pasalnya, kegiatan tersebut semuanya adalah hasil antusias dan semangat masyarakat sekitar, termasuk dalam hal pembiayaan “Kegiatan ini juga dapat mendukung Sawahlunto dengan status Kota Warisan Dunia yang baru baru ini disematkan UNESCO,” kata Deri.

Secara kepesertaan, Tanjung Sari Mural Competision 2019 mendapat apresiasi dari para seniman Mural Nasional. Salah satu seniman mural dari Pekanbaru, Effandi Fachri yang kerap menjadi Juri Mural Pekanbaru dan Kepulauan Riau juga mengungkapkan kekagumannya dengan keterlibatan Masyarakat. Sehingga saat ditawari kembali sebagai juri menolak dengan alasan merasa rugi kalau tidak ikut menorehkan karya pada dinding sepanjang 200 meter itu.

“Banyak event mural yang diikuti, kali ini Sawahlunto melahirkan keberagaman dan warna sosial dalam konsep pelaksanaan, bagi saya pribadi ini unik dan luar biasa,” tambah Effan lagi.

Diikuti 47 Kelompok Peserta dari 65 Dinding yang disiapkan, Yogi Hendraliza S.An Ketua Pelaksana mengungkapkan, rasa terimakasih dan berbangga karena event yang lahir secara bersama oleh komunitas masyarakat ini ternyata dapat berjalan Dengan sempurna. “Kita jadi optimis , dukungan penuh warga kelurahan Air Mulyo ternyata suplement yang sangat ampuh,” ujar Yogi.

*Selintas tentang Mural

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mural? Mural merupakan sebuah kata yang cukup asing di dengar bagi sebagian orang khususnya orang awam. Namun sebenarnya kebanyakan dari orang-orang tersebut sebenarnya telah melihat secara langsung apa itu mural bahkan bisa jadi sering.

Pengertian mural menurut bahasa yaitu mural berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Murus” yang berarti dinding. Secara luas pengertian mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen.

Nah, dari pengertian mural atau arti mural di atas sudah cukup memberi pencerahan kan mengenai apa itu mural sebenarnya? Jadi, lukisan atau gambar apapun yang dibuat pada media permanen seperti lantai, meja, langit-langit itu juga termasuk ke dalam mural. (zek)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional