Menu

Tanjung Mutiara IVA Test ke Tingkat Sumbar

  Dibaca : 113 kali
Tanjung Mutiara IVA Test ke Tingkat Sumbar
ORIENTASI—Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny Vita Indra Catri, saat membuka kegiatan orientasi gerakan PKK Bidang Pokja IV tentang Pelaksanaan IVA Test.

AGAM,METRO – Kecamatan Tanjung Mutiara, terpilih mewakili Kabupaten Agam mengikuti penilaian lomba Inspeksi Visual Asam (IVA) Test tingkat Provinsi Sumbar 2019. Terpilihnya Tanjung Mutiara karena dinilai berhasil dalam mendukung, mencegah dan mengetahui secara dini penyakit kanker leher rahim.

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, saat membuka kegiatan orientasi Gerakan PKK Bidang Pokja IV tentang Pelaksanaan IVA Test, Jum’at (8/1) mengatakan, setelah keluarnya Kecamatan Tanjung Mutiara sebagai yang terbaik pada lomba IVA Test di tingkat kabupaten, maka secara resmi mewakili Kabupaten Agam ke tingkat Provinsi Sumbar. “Selamat kepada kader PKK Kecamatan Tanjung Mutiara, semoga bisa menjadi yang terbaik ditingkat provinsi,” ujar Ny. Vita.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kecamatan Tanjung Mutiara, Ny. Shinta Yogi Astarian, mengatakan, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras seluruh penguus, elemen yang terkait dalam memperbaiki paradigma yang ada pada masyarakat dalam pelaksanaan IVA Test di Kecamatan Tanjung Mutiara.

“Perbaikan paradigma dimaksud bertujuan agar kaum wanita lebih antusias mencegah kanker serviks,” ujarnya.

Diakui Ny. Shinta, upaya pengendalian kanker di daerah ini memang tidak mudah. Penyebabnya karena ketidaktahuan masyarakat dalam mengenali gejala kanker. Kemudian, keengganan untuk memeriksakan kesehatan secara rutin.

“Melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder, dan pembinaan yang dilakukan PKK kabupaten dan kader kecamatan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Melaksanakan IVA Test gratis,” jelasnya.

Menurutnya, kontribusi yang diberikan kader TP PKK Tanjung Mutiara sehingga berhasil memenangkan lomba pelaksanaan IVA test tingkat kabupaten yakni, selalu aktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan IVA Test ini. Hal senada juga disampaikan Camat Tanjung Mutiara, Yogi Astarian. “Ini menjadi semangat sekaligus tantangan bagi kita sebagai amanah yang diberikan kepada PKK Tanjung Mutiara,” ujar camat.(pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional