Menu

Tangkap Jozeph Paul Zhang, Umat Islam jangan Terpancing

  Dibaca : 107 kali
Tangkap Jozeph Paul Zhang, Umat Islam jangan Terpancing
Jazuli Juwaini

JAKARTA, METRO
Ketua Fraksi PKS di DPR Jazuli Juwaini meminta aparat kepolisian segera menangkap Jozeph Paul Zhang, pria yang mengaku Nabi ke-26, dan telah menghina Nabi Muhammad SAW, serta menista ajaran Islam. “Pertama, kami mengecam keras pernyataannya (Jozeph) yang menghina Nabi Muhammad SAW serta menista keyakinan dan ajaran umat Islam,” kata Jazuli dalam keterangannya, Minggu (18/4).

“Kedua, kami meminta aparat kepolisian bergerak cepat menangkap dan memproses yang bersangkutan dengan dugaan melakukan penistaan terhadap agama,” lanjut anggota Komisi I DPR RI itu.

Jazuli mengatakan respons cepat aparat penting sekali agar tidak ada pihak yang memancing di air keruh menggunakan isu sensitif keyakinan beragama sehingga bisa memicu konflik horisontal. Apalagi, lanjut dia, Jozeph menggunggah penyataannya melalui media sosial dan jelas-jelas provokatif terhadap ajaran Islam. Selain itu, kata Jazuli, Jozeph menantang berbagai pihak untuk melaporkan pernyataannya yang insinuatif tersebut kepada aparat.

“Maka aparat harus segera bertindak agar kedamaian bangsa tetap kondusif,” kata Jazuli. Legislator Dapil Banten ini mengimbau masyarakat khususnya umat Islam agar tetap tenang dan tidak terprovokasi.

Apalagi, lanjut dia, saat ini umat Islam sedang khusyuk melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan.

“Serahkan semua pada aparat dan proses hukum yang berlaku karena kita yakin penistaan agama dan keyakinan di republik ini merupakan pelanggaran serius terhadap hukum dan konstitusi. Idak ada tempat bagi penista agama,” katanya. Oleh karena itu, Jazuli mengimbau anak bangsa senantiasa menjunjung nilai dan etika kebangsaan.

“Sebagai anak bangsa kita dilarang menista dan menghina agama-agama yang diakui di negeri ini,” pungkas Jazuli Juwaini.

Gandeng Interpol, Polri Akan Terbitkan DPO untuk Pria Mengaku Nabi ke-26
Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto menyatakan terus melakukan pendalaman terkait kasus pria bernama Joseph Paul Zhang yang mengaku nabi ke-26 melalui akun YouTube miliknya. Dalam proses penyidikan, kata Agus, pihaknya bekerja sama dengan Interpol untuk keberadaan Jozeph. Hal itu lantaran Bareskrim menduga Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

Agus mengatakan kepolisian saat ini sedang menyiapkan dokumen penyidikan, sekaligus membuat daftar pencarian orang (DPO) terhadap Jozeph Paul Zhang agar bisa dideportasi dari negara tempat dia berada.

“Mekanisme penyidikannya akan terus berjalan walaupun yang bersangkutan di luar negeri,” kata dia. Terkait apakah Polri sudah menerima laporan dari masyarakat tentang video viral penistaan agama Jozeph, Agus menjelaskan penyidik dapat menindak dengan membuat laporan temuan terkait dengan konten intoleran tersebut.

Menurut dia, konten intoleran yang menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyarakat dapat merusak persatuan dan kesatuan dapat ditindak sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kapolri. “Kalau yang seperti itu ‘kan bisa dibuat laporan temuan penyidik atas konten intoleran, menimbulkan konflik sosial dan keresahan masyrakat, merusak persatuan dan kesatuan, sesuai dengan SE Kapolri ‘kan ditindak tegas,” kata Agus.

Diberitakan sebelumnya video pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku nabi ke-26 beredar luas di media sosial dan viral. Baca Juga: Wuling Hadir di IIMS 2021, Ada Promo Cicilan Murah hingga Subsidi Harga Jozeph mengaku sebagai nabi ke-26 yang disampaikan dalam forum diskusi via zoom yang juga ditayangkan di saluran YouTube pribadinya. Pria tersebut membuka forum diskusi zoom bertajuk “Puasa Lalim Islam”. Jozeph juga menantang siapa saja yang berani melaporkan dirinya.(boy/jpnn)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional