Menu

Tangkal Corona Pemkab Ajak Hidup Bersih

  Dibaca : 155 kali
Tangkal Corona Pemkab Ajak Hidup Bersih
APEL TUGAS— Sebelum melaksanakan tugas, petugas penangangan Covid 19 terlebih dahulu melaksanakan apel.

TANAHDATAR, METRO
Negara Indonesia saat ini dalam masa tanggap bencana non alam akibat virus  corona (Covid-19). Hal ini semakin meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana yang sudah menimbulkan korban manusia yang tidak sedikit. Tidak lagi bencana nasional namun sudah berskala dunia.

Dari itu Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanahdatar turun ke kecamatan-kecamatan dan nagari untuk mengedukasi masyarakat. Tim yang dibagi tiga tersebut akan menyampaikan himbauan dan pesan dengan cara mengedukasi masyarakat melalui mobil keliling Selain itu gugus tugas ini masih tetap melakukan penyemprotan desinfektan  di tempat-tempat yang dianggap strategis dan fasilitas umum serta fasilitas pelayanan publik.

Pasi Ops Kodim 0307 Tanahdatar Kapten Kaveleri Hendra, saat apel jelang pemberangkatan tim, Selasa (24/3) di posko Penanganan Darurat Bencana Non Alam Covid-19 di komplek perkantoran Pagaruyung, menyampaikan perlu kesiapsiagaan tim dalam beroperasi, mengingat hal ini juga akan berakibat pada tim yang bertugas. Untuk tim juga harus menjajaga keselamatan.

Kabag Ops Polres Tanahdatar, Kompol Ischak juga menyampaikan, tim selain mengedukasi masyarakat dengan melakukan himbauan. Kemudian, tim juga terus melakukan penyemprotan desinfektan yang sudah memasuki hari ke-enam dengan mobil damkar dan alat semprot  (sprayer) di beberapa titik, seperti pasar Saruaso, Sitangkai Kecamatan Lintau Buo dan di Kecamatan Lintau Buo Utara. “Untuk sprayer penyemprotan dilakukan di seputaran Kota Batusangkar, komplek-komplek perumahan, RSU M. Ali Hanafiah dan beberapa tempat lainnya, “ucap Ischak.

Sementara untuk kegiatan edukasi masyarakat disampaikan Ischak dilaksanakan di Kecamatan Sungayang, Sungai Tarab, Salimpaung, Tanjung Baru, Tanjung Emas, Padang Ganting, Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Lima Kaum, Rambatan, Pariangan, Batipuh, Batipuh Selatan dan Kecamatan X Koto.

Usai Rapat Evaluasi yang dipimpin Sekda Irwandi bersama seluruh camat dan gugus tugas, Kepala Dinas Kominfo Tanahdatar Abrar didampingi Kalaksa BPBD Tanahdatar Thamrin mengatakan, inti edukasi adalah menyangkut prilaku hidup sehat, social distancing atau menjaga jarak dalam berhubungan sosial kemasyarakatan namun itu dengan pendekatan dan bahasa lokal setempat. “Kita mengajak masyarakat, tidak dengan paksaan namun dengan pendekatan-pendekatan. Selain itu kita juga memanfaatkan berbagai media yang dimiliki pemda untuk menyampaikan informasi-informasi terkait Covid-19,” ucapnya.

Abrar juga menyampaikan terkait keramaian pesta pernikahan dan keramaian lainnya, agar itu diundur untuk dilakukan, mengingat wabah ini sangat rentan dan mudah menyebar Ditambahkan Abrar dalam mengedukasi masyarakat ini, juga disampaikan jika ada keluarga, mahasiswa maupun perantau yang datang dari luar daerah apalagi yang sudah masuk pandemi Corona, agar segera melapor ke Puskesmas, sehingga segala sesuatu terkait Corona misalnya terpapar dapat diantisipasi lebih awal.

“Mulai hari ini Gugus Tugas diperluas sampai ke kecamatan, dengan membentuk sub gugus tugas, dan melakukan pencegahan atau antisipasi di daerah perbatasan atau di pintu masuk Tanah Datar yang dikoordinir oleh dinas perhubungan,” pungkasnya.

Sementara menurut Jubir Covid-19 Tanah Datar Roza Mardiah, data per hari ini, Orang Dalam Pengawasan (ODP) bertambah 4 orang menjadi 60 orang, Pasien Dalam Pengawasan tetap 2 orang dan Positif tetap nihil. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional