Menu

Tanamkan Nilai Adat Budaya, SDN 63 Surabayo Gelar Lomba Petatah Petitih

  Dibaca : 97 kali
Tanamkan Nilai Adat Budaya, SDN 63 Surabayo Gelar Lomba Petatah Petitih
LOMBA PETATAH—Untuk menanamkan nilai-nilai adat dan budaya, SDN 63 Surabayo mengeelar lomba petatah petitih adat.

AGAM,METRO
SDN 63 Surabayo Lubuk Basung, Kabupaten Agam berkomitmen tanamkan nilai-nilai adat budaya Minangkabau kepada anak didiknya. Upaya yang dilakukan dengan cara menggelar perlombaan petatah petitih adat.

Kepala SDN 63 Surabayo, Zilfa mengatakan, lomba itu sudah digelar dengan melibatkan peserta sebanyak 12 orang, dari seluruh tingkatan kelas. “Karena ini baru, maka peserta yang mengikuti masih sedikit. Namun, kita mengapresiasi anak didik yang mengikuti lomba, meski penyampaiannya masih terbata-bata,” ujar Zilfa.

Dikatakan, lomba digelar secara daring. Setiap peserta merekam dirinya yang sedang menyampaikan petatah petitih, kemudian rekaman itu dikirim kepada guru sebagai juri. “Anak didik kita ini belajar petatah petitih bersama guru-guru di sekolah,” sebut Zilfa.

Lomba petatah petitih digelar selain arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juga komitmen pihak sekolah untuk menanamkan nilai adat budaya kepada anak didik, yang akan menjadi generasi penerus di negeri ini.

Dengan perubahan zaman saat ini, katanya tidak banyak lagi generasi yang pandai dan paham dengan adat budaya. “Maka kita berupaya bagaimana adat budaya Minangkabau kembali lestari di tengah masyarakat, terutama di kalangan generasi muda,” kata Zilfa.

Ia mengatakan, lomba ini juga mendukung komitmen Bupati Agam dalam mengembangkan pendidikan adat istiadat di sekolah. Dari hasil penilaian, lomba petatah petitih ini juara I diraih Keysha Destari dari kelas VI B, juara II Muhammad Bintang Ardian kelas V B dan juara III Habib Williamco Ibrahim kelas IV C. “Untuk memotivasi anak didik, pemenang diberikan piala, sertifikat dan hadiah cuma-cuma,” ujar Zilfa. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional