Menu

Tanahdatar Dukung Peningkatan Potensi Paud

  Dibaca : 94 kali
Tanahdatar Dukung Peningkatan Potensi Paud
SOSIALISASI— Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi beri sambutan pada acara Sosialisasi, Konsolidasi Forum Paud Tanahdatar dan Training Kempemimpinan (Out Bond) di Gazebo Indo Jolito, Batusangkar, Selasa (26/3).

TANAHDATAR, METRO  – Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) salah satu wadah mewujudkan generasi cerdas yang telah dimulai pada masa Golden Age (Masa Emas) diharapkan nantinya dapat membawa perubahan lebih baik bagi nusa dan bangsa di masa depan.

Ia menambahlan, Golden Age merupakan masa penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak berumur 0 sampai dengan 5 tahun. Menurut beberapa penelitian dalam usia tersebut anak berada pada perkembangan terbaik untuk fisik dan otaknya.

“Dari Paud lah bakal lahir calon pemimpin masa depan, karena Paud memberikan kontribusi besar dalam pembinaan anak di usia dini yang juga disebut Golden Age. Untuk itu, Pemkab Tanahdatar terus berupaya mendukung peningkatan potensi Paud dalam membina anak didiknya dengan baik,” ujar Irdinansyah saat membuka secara resmi acara Sosialisasi, Konsolidasi Forum Paud Tanahdatar dan Training Kempemimpinan (Out Bond) di Gazebo Indo Jolito, Batusangkar, Selasa (26/3).

Begitu pentingnya keberadaan Paud pada kesempatan itu, Irdinansyah mengimbau kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk berupaya mengadakan pelatihan kompetensi guru Paud. Sehingga nantinya terwujud tenaga-tenaga pendidik yang berkualitas bagi anak usia dini.

Irdinansyah menambahkan bahwa, pemkab terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Dimana menghasilkan wacana untuk memperbolehkan pemberian honor bagi guru Paud sebagai penganti transportasi dan pemberian Alat Permainan Edukasi (APE) untuk lembaga Paud melalui dana pembangunan desa.

“Dengan upaya meningkatkan kompetensi guru Paud diharapkan dapat lahir inovasi baru dalam mendidik anak usia dini. Tak hanya itu dana pemberdayaan masyarakat minimal 30 persen di nagari dapat dimanfaat sebagian untuk kesejahteraan sarana dan prasarana Paud,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanahdatar, Riswandi mengucapkan apresiasi kepada seluruh tenaga pendidik Paud yang telah bekerja dengan baik dari segala keterbatasannya.

“Perlu kita ketahui peran Paud sangat penting untuk mewujudkan generasi hebat di masa mendatang, tentu ini perlu kita beri apresiasi yang sebesar-besarnya,” ujarnya.

Ketua Forum Paud yang juga Ketua Himpaudi Tanahdatar, Ny Emi Irdinansyah mengatakan Forum Paud adalah suatu wadah kerjasama untuk menyatukan visi dan misi langkah peran masing-masing anggota dalam rangka mengembangkan pendidikan anak usia dini untuk menuju Generasi Emas Indonesia di tahun 2045.

“Kepada seluruh organisasi Paud, mari kita bersama-sama untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini. Dengan bekerja sama semua akan terasa mudah untuk menuju Generasi Emas Indonesia di tahun 2045,” ujarnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional