Close

Tanahdatar dan Sijunjung Sepakati Batas Daerah

TANDATANGANI— Wabup Tanahdatar Richi menandatangani berita acara kesepakatan batas daerah antara Kabupaten Tanahdatar dengan Kabupaten Sijunjung serta Kabupaten Solok.

TANAHDATAR, METRO–Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH tandatangani berita acara kesepakatan batas daerah antara Kabupaten Tanah Datar dengan Kabupaten Sijunjung, serta batas daerah Kabupaten Tanah Datar dengan Kabupaten Solok, diruang kerja Kepala Ba­gian Pemerintahan OTDA Pro­vinsi Sumatera Barat, Jumat (1/10). ­

Wakil Bupati Richi Aprian me­ngatakan penanda tanganan itu bertujuan untuk mempertegas batas daerah, tanpa menghilangkan hak atas tanah, kepemilikan aset, hak ulayat, dan hak adat pada ma­syarakat di perbatasan seperi ter­tuang pada Permendagri nomor 141 tahun 2017.

“Alhamdulillah, dua daerah yang berbatasan dengan dae­rah Tanah Datar telah ber­se­pakat untuk menyelesai­kan­nya melalui Kemendagri,” ujar Richi Aprian.

Sementara itu, Direktur Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri Su­giarto, SE, M.Si mendukung kese­pakatan kepala daerah yang ingin meyelesaikan persoalan batas wila­yah, yang mana batas wilayah ini dianggap penting untuk pengurusan RT/RW, dimana harus mengunakan batas wilayah definitif, yang selama ini mengunakan batas wilayah in­dikatif.

“Ini nantinya juga bisa di­revisi, dimana ada kesepakatan baru, pemekaran daerah atau keputusan hukum, di Ke­men­dagri diperbolehkan. Ketika ini telah ditetapkan, bermanfaat sebagai penegasan batas ad­ministrasi untuk kepentingan pemerintahan itu sendiri,” ujar Sugiarto. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top