Menu

Tampang Sangar Land Rover Defender Terbaru

  Dibaca : 136 kali
Tampang Sangar Land Rover Defender Terbaru

Land Rover baru saja meluncurkan tipe Defender paling anyar di ajang Frankfurt Motor Show 2019 di Jerman. Sebelumnya Land Rover Defender terbaru telah seliweran di jagat maya bahwa mobil tersebut memang akan diungkap akhir tahun ini.

Seperti dilansir dari Motor1, Jumat (13/9), Land Rover Defender yang rencananya akan mulai mengaspal pada 2020 itu meniupkan kehidupan baru di papan nama Land Rover Defender yang legendaris. Sekarang, mobil tersebut boleh dikatakan menjadi mobil off-road dengan teknologi paling maju.

Berdasarkan arsitektur D7x baru, Defender baru akan diluncurkan pada musim semi 2020 dalam konfigurasi Defender 110 tersedia dengan 5 + 2 tempat duduk. Selain Defender 110, ada juga Defender 90 dengan ukuran bodi yang sedikit lebih pendek.

Produsen mobil asal Inggris itu mengklaim bahwa Defender 2020 adalah kendaraan lansiran Land Rover yang paling tangguh dan paling kuat. Hal itu karena menggabungkan struktur tubuh baru dengan semua teknologi baru dan perangkat keras yang terbukti membuat mobil tersebut cocok untuk abad ke-21.

Dari segi styling, model baru Defender telah mengalami perombakan total di dalam dan di bagian luar. Juli lalu, Land Rover Defender 2020 juga tertangkap mata sedang diuji jalanan di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Land Rover Defender terbaru jelas sangat gagah dan sangar. Patahan-patahan bodi dengan garis tegak begitu menyiratkan kesan tangguh khas kendaraan petualang. Mobil ini juga terlihat lebih mewah dari pendahulunya dengan kesan yang ditekankan dari lampu LED baru dan lampu belakang yang vertikal.

Untuk kabin, fitur dashboard berteknologi tinggi menampilkan panel instrumen digital, layar sentuh utama, dan tampilan head-up didukung oleh Land Rover Electronic Vehicle Architecture generasi berikutnya (EVA 2.0 ). Generasi ini mendukung pembaruan Software-Over-The-Air (SOTA). Hanya ada sedikit tombol manual di konsol tengah dan di setir. Sebagian besar fungsi ditangani oleh sistem otomatis.

Kabin mengintegrasikan bagian-bagian struktural dari bodywork dengan cara yang harmonis dan berkontribusi pada penampilan gagah. Sorotan ada pada kursi depan yang dikenal sebagai jump seat. Ini merupakan standar pada Defender edisi pertama 90 dan opsional pada Defender 110.

Kursi baris depan memungkinkan memuat tiga orang. Oleh karena itu, berarti Defender 110 dapat memuat lima, enam, atau 7 orang. Sementara Defender 90 dapat menampung enam penumpang. Saat tidak digunakan, kursi belakang bisa dilipat untuk memberikan sandaran tangan depan dan penyimpanan tambahan. Defender 90 juga akan menawarkan opsi atap lipat full-length untuk mengemudi dalam kondisi terbuka.

Konstruksi monocoque all-aluminium yang ringan dari platform D7x yang baru juga menghasilkan bodi Land Rover paling tangguh yang pernah dibuat dengan tiga kali lebih rigid dari desain body-on-frame tradisional lawas. Ini memberikan dasar yang bagus untuk suspensi yang seluruhnya independen, transfer boks berkecepatan kembar dan penggerak empat roda permanen.

Arsitektur bodi yang kuat juga meningkatkan kemampuan sebagai penarik, dengan Defender 2020 memiliki kapasitas penarik maksimum 8.201 lbs (3.720 kg). Defender 2020 menandai debut Configurable Terrain Response, sebuah sistem yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur set-up kendaraan agar sesuai dengan kondisi off-road.

Teknologi off-road juga mencakup Center Slip Limited dan opsi Center and Rear Slip Limited yang dapat diaktifkan dengan menggunakan pengontrol layar sentuh utama. Fitur yang dimaksud adalah Wade Sensing, Land Prover All-Terrain Progress Control, dan ClearSight Ground View. Lebih lanjut, Defender baru menawarkan tiga pilihan pengaturan untuk respons throttle dan gearbox, kemudi, dan kontrol traksi.

Land Rover Defender terbaru memiliki tenaga hingga 395 HP dengan powertrain enam silinder hybrid-ringan P400. Di pasar Amerika Serikat (AS), pelanggan akan dapat memilih dari dua powertrain yakni mesin bensin empat silinder turbocharged, P300, dan powertrain Mild-Hybrid Electric Vehicle (MHEV) enam silinder, badge P400. 2.0 liter turbo-empat di P300 menghasilkan 296 hp (300 PS) dan memungkinkan waktu 0-60 mph 7,7 detik (0-100 km / jam dalam 8,1 detik).

Mesin bensin 3.0 liter inline-enam memiliki fitur turbocharger twin-scroll dan supercharger listrik 48-volt untuk menghasilkan tenaga 395 hp (400 PS) dan torsi 406 lb-ft (550 Nm). Mobil ini bisa melesat dari 0 hingga 60 mph dalam 5,8 detik (0-100 km / jam dalam 6,1 detik). Kedua mesin dihubungkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan ZF dan transfer boks kecepatan ganda.

Eropa dan pasar lainnya juga akan mendapatkan Defender 2020 dengan dua mesin diesel. Keduanya memiliki mesin 2,0 liter dan menghasilkan 197 hp (200 PS) di D200 dan 237 hp (240 PS) di D240. Powertrain hybrid plug-in akan bergabung dengan jajaran Defender terbaru tahun depan.

Land Rover Defender 2020 akan tersedia dalam trim Defender, Defender S, Defender SE, Defender HSE, Defender X dan Defender First Edition. Harga Defender terbaru ditawarkan mulai dari USD 49.900 atau sekitar Rp 703 jutaan di AS untuk Defender 110 P300 dan GBP 45.240 atau sekitar Rp 786 jutaan di Inggris untuk Defender 110 D200. Sementara untuk Defender 90 diperkirakan akan mulai dijual dengan harga GBP 40.000 atau berkisar di Rp 696 jutaan. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional