Menu

Talempong Aguang Koto Kaciak Dapat Angin Segar, Bakal Dapat Perhatian dari Bupati

  Dibaca : 85 kali
Talempong Aguang Koto Kaciak Dapat Angin Segar, Bakal Dapat Perhatian dari Bupati
GRUP KESENIAN—Grup Talempong Aguang Koto Kaciak dapat Angin segar karena akan mendapatkan perhatian dari bupati.

AGAM, METRO–Di tengah Wabah Covid-19 yang melanda Kabupaten Agam dan daerah lainya Grup Talempong Aguang Koto Kaciak Dapat Angin Segar dari bupati. Hal itu terlihat orang nomor satu di Agam menyaksikan secara langsung penampilan seni tradisional Talempong Aguang dari Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, di taman PLTA Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Rabu (30/6).

Grup talempong aguang yang berasal dari nagari pinggiran Danau Maninjau ini tengah mengikuti shooting dengan TVRI Sumbar di taman PLTA. Salah seorang anggota grup seni talempong aguang, Jeni Aulia menyampaikan, kendala yang dihadapi dalam melestarikan seni tradisional ditenag wabah Covid-19 ini memang mengurus tenaga dan Fikiran. “Bagaimana tidak,disaat sekarang ini pemerintah Kabupaten Agam tengah me­ng­galakan 3 M (Mencuci ta­ngan,­Menjaga Jarak dan Memakai Mas­ker) untuk memutus Mata Rantai Covid-19 yang ada di Agam ini,”  kata Jeni.

Maka dari itu secara langsung mengadu kepada Bupati Agam agar mencarikan solusi yang te­tap,namun tetap memperhatikan Prokes Covid-19 untuk bisa melestarikan Budaya kita salingka Danau Maninjau ini terang­nya.Di samping itu bukan Hanya Covid-19 kita juga Ada beberapa kendala yang kita hadapi di grup seni talempong aguang ini, salah satunya masalah peralatan,” ujar­nya.

Peralatan di grup talempong aguang Nagari Koto Kaciak ini, katanya, sudah lama yang telah memakan usia sekitar 5 atau 6 tahun, sehingga butuh alat baru untuk bisa tampil maksimal. Disisi lain ma­salah penampilan, selama ini tampil hanya pada pesta pernikahan dan fes­tival, serta kurangnya regenerasi karena anak muda sekarang lebih cenderung mengejar seni model ba­ru dibanding tradisi.

Menanggapi hal itu, grup talempong aguang Nagari Koto Kaciak mendapat angin segar dari Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, setelah menyatakan bakal membantu satu set peralatan untuk grup seni tradisional tersebut. “Sepanjang tidak menyalahi aturan kalau anggarannya ada kenapa tidak kita bantu, karena ini menyangkut tradisi dan budaya yang merupakan aset Minangkabau, khususnya di Agam,” sebut bupati yang akrab disapa AWR ini.

Ditegaskannya, jangan lihat murah dan mahalnya peralatan, tapi bagaimana seni budaya Minangkabau ini tetap lestari dan berkembang di tengah masyara­kat.­Kalau Budaya itu terus dilestarikan tentu akan menambah daya tarik tersendiri bagi Daerah salingka Danau Maninjau ini

Bupati mengimbau, kepada masyarakat terus tingkatkan Pro­kes Covid-19, karena dengan ke­pedulian masyarakat untuk meme­rangi Covid-19 ini tentu salah wujud Pemerintah untuk melindungi masyarakatnya agar terhidar dari Covid-19. “Tidak itu saja ketika beraktifitas di luar rumah taatilah Prokes Covid-19,karena kepe­du­lian bisa memberikan dampat yang positif nantinya  (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional