Close

Taklukkan Gunung Merapi, S Eka Yudaningsih Kagumi Keindahan Alam Ranah Minang

MENIKMATI--Regional Head SME dan Konsumer BRI Regional Padang,S Eka Yudaningsih menikmati keindahan puncak gunung merapi.

“Usia tidak menjadi halangan untuk bergiatan di alam bebas”, begitu ungkapan S Eka Yudaningsih dengan penuh semangat. Meski usianya sudah 50 tahun, hasratnya untuk mendaki gunung tak pernah surut. Baru 3 bulan menjabat sebagai Regional Head SME dan Konsumer BRI Regional Padang, S Eka Yudaningsih telah berhasil menapakkan kakinya dipuncak Gunung Merapi Koto Baru  Tanah Datar.

ERVIN HASIBUAN—PDG

Sosok wanita bertubuh mungil ini ternyata mempunyai hobi ekstrim layaknya para pria. Insan BRIlian kelahiran 26 Mei 1970 ini sangat mencintai olahraga men­daki gunung.

S Eka Yudaningsih yang juga alumni Universitas Atmajaya Yogyakarta ini, merupakan salah satu perempuan pencinta alam yang telah menaklukkan sejumlah gunung di Indonesia.

Sejak tahun 2010, dia telah menaklukan beberapa gunung di Indonesia, yakni Gunung Merapi Yogya, Gunung Lawu Solo, Gunung Merbabu Jateng, Gunung Semeru Jatim, Gunung Gunung Gede Pang­rango Jabar, Gunung Rinjani Lombok dan Gunung Tambora NTT.

Di mana pun bertugas, langkah kakinya tak pernah menjauh dari ketinggian puncak gunung. Ia meyakini, akan selalu menda­patkan hal-hal baru, berkaitan dengan makna hi­dup saat berkegiatan di alam terbuka, khususnya di puncak gunung.

Sabtu (6/11) hingga Minggu (7/11) kemarin,  bersama BRIPALA (BRI Pecinta Alam)  Kanwil Padang dan Padang Panjang, S Eka Yudaningsih menaklukan Gunung Merapi Koto Baru  Tanah Datar.

Berangkat setelah Zuhur dengan 6 (enam) pen­daki lainnya, rombongan kecil ini menginap di Cadas Gunung Merapi sebelum meneruskan ke Puncak pada pagi harinya.

Bagi kalangan pendaki, Gunung Marapi di Suma­tera Barat memang menjadi salah satu gunung yang wajib dikunjungi. Selain treknya menantang, gunung ini juga punya pesona ke­indahannya sendiri.

Tidak hanya bagi pen­daki lokal dari Ranah Minang, namun juga provinsi lain seperti Riau, Jambi, Sumatera Utara, bahkan para pendaki dari Pulau Jawa silih berganti berdatangan menapakkan kaki di puncak Gunung Merapi.

Kedatangan para pen­daki dari berbagai daerah ini, tentu karena Gunung Merapi memiliki panorama pemandangan yang sa­ngat luas dan pastinya me­nyejukkan hati. Apalagi saat menyaksikan pemandangan samudra awan dari atasnya.

Untuk melakukan pen­dakian ke Gunung Marapi, para pendaki memulainya dari Pasar Koto Baru, yang terletak tidak jauh dari Kota Bukittinggi. Dari Koto baru, perjalanan dilanjutkan tem­pat registrasi sekaligus menitipkan kendaraan.

Sesampai di puncak Merapi, pejabat BRI yang juga ibu dari satu anak ini, menceritakan kekagumannya akan keindahan alam Sumatera Barat. Ia juga menceritakan bagaimana awal dia mulai mencintai kegiatan mendaki gunung.

“Saya senang dan mulai mencintai kegiatan men­daki gunung dari anak saya. Sebab dia juga memiliki hobi mendaki gunung dan sama dengan saya,” ungkapnya.

Dari puncak gunung merapi, ia juga memberikan pesan kepada jajarannya,  dalam memperingati HUT BRI ke 126 tahun ini, Insan BRIlian harus tangguh dan peduli terhadap lingkungan.

 “Kepedulian terhadap lingkungan salah satunya adalah dengan olahraga mendaki gunung yang se­kaligus kita bisa mencintai alam sekitar dan kebesaran ciptaan Allah,” ucap­nya.

Terakhir, beliau juga mengatakan target terdekatnya adalah menaklukan Gunung Singgalang, Gunung Talamau dan Gunung Kerinci di Sungai Penuh.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top