Menu

Taklukan Ganda Putri China, Greysia dan Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo

  Dibaca : 124 kali
Taklukan Ganda Putri China, Greysia dan Apriyani Raih Emas Olimpiade Tokyo
UKIR SEJARAH— Ekspresi pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu usai meraih emas cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020.

GANDA putri bulu tangkis Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Mereka menang dua set dengan menga­lahkan lawannya Chen Qing Chen/Jia Yi Fan asal Tiongkok.

Menyambut raihan me­dali emas perdana kon­tingen Indonesia tersebut, Menteri Pemuda dan Olah­raga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa ini adalah sejarah bagi bulutangkis Indonesia. Ini pertama kalinya ganda putri mendapatkan raihan medali emas di olimpiade.

VIDEO CALL— Tangkapan layar YouTube Sekterariat Presiden saat Presiden Jokowi melakukan video call dengan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

“Saya merasa ber­syu­kur atas pencapaian ganda putri bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo dengan torehan medali emas yang merupakan pertama dalam sejarah keikutsertaan kita di olim­piade,” terang dia kepada wartawan, Senin (2/8).

Melihat pertandingan tersebut, Menpora menga­ku senang, khususnya ke­tika Greysia/Apriyani mam­­pu tampil dengan te­nang. Di mana memang pa­sangan asal Indonesia ini tidak diunggulkan untuk menang.

“Yang saya senang itu mereka bermain lepas tanpa beban, mungkin ka­re­na sejak awal mereka tidak diunggulkan jadi teka­nan­nya berkurang. Ber­beda dengan lawannya dari Tiongkok yang sudah diunggulkan sejak awal, pasti memikul beban be­rat,” kata dia.

Ia pun menceritakan bahwa sempat berbincang dengan Greysia melalui video call untuk meng­ucap­kan selamat dan teri­ma kasih atas melajunya dua pasangan tersebut ke final olimpiade. Bermain lepas menjadi pesannya saat itu.

“Saya sampaikan uca­pan terima kasih atas pen­capaiannya sudah sampai di babak final. Saya sam­paikan sebagai Menpora tidak membebani target apapun setelah ini, yang penting main lepas dan saya ajak dia banyak ber­canda untuk membuat dia rileks,” cerita Menpora.

Alasan dirinya mem­berikan pesan untuk ber­main lepas adalah agar mereka tidak terbebani ketika bertanding. Hasilnya pun sesuai harapan bangsa Indonesia, yakni kemenangan. “Alhamdulillah cara itu tepat dan kita bisa lihat penampilan mereka yang tanpa beban tapi tetap fokus mengumpulkan poin demi poin. Selamat para Srikandi olahraga Indonesia,” tukasnya.

Jokowi Langsung Video Call

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mela­ku­kan video call dengan Grey­­sia Polii dan Apriyani Ra­hayu setelah ganda pu­tri badminton tersebut ber­hasil menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Jokowi mengucapkan selamat atas pasangan tersebut yang telah unggul dari ganda asal Tiongkok Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

“Terima kasih. Selamat sore, Greys dan Apri. Saya mewakil seluruh rakyat Indonesia mengucapkan se­la­mat atas keberhasilan emas­nya,” ujar Jokowi di YouTube Sekretariat Pre­siden, Senin (2/8).

“Sekali lagi selamat atas kebehasilan mem­perta­hankan tradisi emas Olimpiade bagi Indonesia. Saya betul-betul seneng banget,” tambahnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sangat bangga pada saat lagu Indonesia Raya berku­man­dang di Tokyo. Bahkan Joko­wi mengaku tegang saat menyaksikan per­tan­di­ngan final tersebut.

“Jujur saya sangat bang­ga apalagi waktu indo­nesia raya berkumandang. Tadi bagaimana pertan­dingannya?, Saya deg-de­gan waktu set pertama,” tutur Jokowi.

“Kami juga Pak,” timpal Greysia dan Apriyani.

Namun demikian, Joko­wi bersyukur saat set ke­dua ganda putri ini bisa lebih tenang. Sehingga bisa menguasai permainan dan berhasil menyabet medali emas.

“Ya tapi set kedua, saya lihat jauh lebih tenang,” tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga berterima kasih kepada pelatih Greysia Polii/Apri­yani Rahayu yang juga turut memberikan kontri­busi atas keberhasilan gan­da putri ini.

“Selamat juga untuk para pelatih. Dan salam dari seluruh rakyat Indonesia yang sangat bangga, sangat seneng, semuanya. Bangga terhadap Greys dan Apri. Selamat sekali lagi. Saya tunggu di Istana nanti,” kata Jokowi.

Diketahui, ganda badminton putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu merebut medali emas pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 21-19 dan 21-15 di Mu­sashi­no Forest Sport Plaza, Tokyo.

Greysia/Apriyani tam­pil luar biasa untuk mela­wan unggulan kedua Olim­piade Tokyo dan merebut medali emas pertama un­tuk Indonesia. (jpg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional