Close

Tak Terjamah Tim Vaksinator Covid-19, Kapal Perang KRI Bontang-907 Sisiri Pulau Sikakap Mentawai

MERAPAT DI SIKAKAP— Danlantamal II Laksamana TNI Hargianto S.E.,M.M, M.Si (Han) saat disambut Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat merapat di Sikakap.

PADANG, METRO–Tenaga Kesehatan Nakes dari Diskes Pangkalan Utama TNI AL Lantamal II Padang, diserbu ribuan siswa, siswi dan para ma­syarakat Sikakap, Kabupa­ten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Kejadian ini berlangsung di atas kapal perang KRI Bontang 907. Sebelumnya mereka belum terjamah oleh tim vaksinator karena lokasi mereka sulit terjangkau.

Mereka sangat antusias sudah menunggu sejak pagi kedatangan KRI Bontang 907 di Dermaga Sikakap. Kedatangan KRI Bontang membawa Nakes dari Dinas Kesehatan Diskes Pangkalan Utama TNI AL Lantamal II dan Tim dari Dinas Kesehatan Pro­vinsi Sumatera Barat.

“Vaksinasi kali ini berbeda dari vaksinasi biasa­nya. Vaksinasi yang dilaksanakan di daerah Sikakap Kabupaten Kepulauan Men­tawai merupakan bagian dari vaksinasi menyasar pulau yang selama ini tidak terjamah dan terlayani oleh para Nakes atau tim vaksinator Covid-19,” ungkap Danlantamal II Laksamana TNI Hargianto S.E.,M.M, M.Si (Han) di­dampingi Kamandan Satgas Covid-19 Lantamal II  Letkol Laut (K) Zulfitri.

Dikatakan,  vaksinasi Maritim TNI Angkatan Laut merupakan perintah dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.S.E.,M.M., kepada jajaran TNI AL di seluruh Indonesia. TNI Angkatan Laut harus mampu membantu pemerintah da­erah dalam hal penanggulangan Pandemi Covid-19 yang belum dapat diatasi.

“Berikan pelayanan yang Humanis kepada masyarakat dari Nakes, merupakan arahan dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal). Berikan pela­yanan vaksinasi terbaik kepada masyarakat Maritim dan masyarakat sekitar di lingkungan kita. Kalimat yang selalu keluar pada saat Kepala Staf TNI Ang­katan Laut memberikan arahan kepada Nakes TNI AL,” ujarnya.

Dengan mengedepankan pelayanan yang optimla dan santun, jelas Hargianto,  Nakes dari Diskes Lantamal II ini sudah mem­berikan pelayanan vaksinasi ke beberapa titik pelayanan terhadap ma­syarakat. Vaksinasi ini terus dikebut agar terbentuk Herd Immunity di tengah masyarakat.

“Serbuan Vaksinasi Maritim TNI AL ini merupakan bentuk ke­pedulian dan keseriusan pemerintah dalam pena­nganan Pandemi Covid-19. Lantamal II sudah menurunkan Nakes ke berbagai tempat lokasi di adakan serbuan vaksinasi,” te­rangnya.

Dikatakan, nakes Diskes Lantamal II ini, sebe­lumnya sudah memberikan pelayanan kepada ma­sya­rakat Maritim dan ma­syarakat lain yang ada di wilayah kota Padang dan luar Padang terutama me­reka yang belum menerima vaksin.  Pelayanan dari Nakes Diskes Lantamal II menurunkan 1 Tim vaksinator berjumlah  berjumlah 13 orang dan Nakes dari Kabupaten Kepulauan Mentawai serta Puskesmas Sikakap, telah memberikan pelayanan kepada 729 orang  masyarakat di vaksin.

“Vaksinasi yang dilaksanakan ini, menggunakan jenis vaksin Coronovac, Pfizer dan Modena. Vaksin berasal dari vaksin Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Sumbar yang di peruntukan kepada TNI,” tuturnya.

Di lokasi kegiatan vaksinasi Maritim ini, Komandan Pangkalan Utama TNI AL Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Hargiantodi depan awak media menyampaikan. Terimakasih kepada  Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah dan Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada I Laksamana Pertama TNI Haris Bima Ba­yuseto yang sudah me­ngijinkan KRI Bontang 907 untuk melayani masya­rakat di Sikakap Kabupa­ten Kepulauan Mentawai da­lam kegiatan vaksinasi.  “Selama ini masyarakat tidak terjamah oleh tim vaksinator karena memang daerah sulit dijangkau,” bebernya.

Hadir pada acara serbuan vaksinasi Maritim di Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai, Bupati Yudas Sabaggalet dan Forkompinda Kabupaten Kepulauan Men­tawai serta  undangan lainya. Sedangkan pejabat Lantamal II mendampingi Danlantamal, Asintel, A­sops, Aspotmar dan Dansatrol Lantamal II. (ped)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top