Menu

Tak Kapok, Balap Liar Marak Malam Minggu,10 Remaja dan Motor Trondol Diamankan

  Dibaca : 96 kali
Tak Kapok, Balap Liar Marak Malam Minggu,10 Remaja dan Motor Trondol Diamankan
MENERTIBKAN—Kapolsek Padang Utara AKP Afrino Chaniago bersama anggotanya menertibkan balap liar yang di Jalan Khatib Sulaiman. Dan lima remaja yang hendak balap liar diamankan oleh Satpol PP bersama tim gabungan TNI dan Polri.

PADANG, METRO -Kerap dijadikan sebagai lokasi balap liar sehingga membuat pengguna jalan resah, Jajaran Polsek Padang Utara melakukan penertiban di Jalan Khatib Sulaiman, Minggu dini hari (1/12). Sontak, kedatangan petugas ke lokasi membuat para pelaku balap liar yang mayoritas remaja berhamburan melarikan diri, tetapi lima orang berhasil ditangkap.

Hal yang sama juga dilakukan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pariaman bersama tim gabungan Polisi dan TNI di jalan lintas di Kota Pariaman. Dari ratusan remaja yang kedapatan balap liar, sebanyak 5 orang remaja berikut dengan sepeda motornya diamankan.

Kapolsek Padang Utara AKP Afrino Chaniago mengatakan, setelah diamankan ke Polsek, pihaknya kemudian melakukan pembinaan kepada lima orang pelaku balap liar untuk tidak lagi mengulangi perbuatannya. Pihaknya memberikan pengarahan kalau balap liar tidak hanya berbahaya bagi si pembalap tetapi juga orang lain pengguna jalan.

“Sepeda motor yang kita amankan semua knalpotnya racing bahkan tidak mempunyai surat-surat lengkap. Tindaklanjutnya, kita tilang dan kendaraan diamankan sementara. Untuk pelaku balap liar kita panggil orang tuanya dan membuat perjanjian tidak akan balap liar lagi,” ujar AKP Afrino.

Sementara itu, di Pariaman, Kasi Wasbinluh Pol PP Sri Siswani mengatakan, banyak laporan yang masuk dari warga kalau malam minggu kerap terjadi aksi balap lias.”Setelah kami pantau melalui intel dan kami pastikan informasi tersebut ternyata betul. Ratusan pemuda mengendarai sepeda motor tampak hendak melakukan balapan liar pada jalan lintas di Kota Pariaman,” ujarnya.

Dijelaskan Sri, balapan liar seperti yang ditemui tim pada dini hari itu sangat meresahkan warga. “Saat kami sampai di lokasi mereka kocar-kacir melarikan diri. Namun tentu tidak semua yang lolos dari razia tersebut. lima orang terjaring dalam razia beserta sepeda motor tanpa surat dan kelengkapan,” ungkap Sri.

Lebih lanjut Sri katakan, para remaja balap liar yang diamankan, masih berstatus pelajar.”Seperti biasa mereka yang tertangkap selalu mengelak saat dimintai keterangan namun pada akhirnya mengaku juga. Mereka kami amankan ke markas untuk didata dan dipertemukan dengan orang tua masing-masing,” sebutnya.

Selain mengamankan lima orang tersebut pihaknya juga mengamankan satu unit motor yang ditinggal oleh pemiliknya.

”Dalam putaran kedua razia, kami menemukan puluhan pemuda yang hendak balapan. Ketika tim hendak mengamankan mereka bergegas melarikan diri namun ada satu unit motor ditinggal lantaran kehabisan bahan bakar,” ungkap Sri.

Seketika itu, tim langsung memeriksa motor yang ditinggal tersebut. “Kami menemukan satu ikat pinggang yang kepalanya sudah diganti dengan Gir, semacam senjata tawuran,” kata Sri.

Mendapatkan temuan serupa itu, motor tanpa joki tersebut langsung juga dibawa ke markas Sat Pol PP.

“Sampai di kantor, hasil dari razia langsung kami data. Tak hanya itu, saat Patroli razia berlangsung beberapa pemuda yang masih nongkrong di tepi jalan disuruh kembali ke rumah masing-masing,” pungkas Sri Siswani. (r/z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional