Menu

Tak Berhak, 4 KK Tolak Bantuan PKH

  Dibaca : 100 kali
Tak Berhak, 4 KK Tolak Bantuan PKH
TEMU RAMAH— Bupati Solok Gusmal melakukan temu ramah dengan masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Solok.

SOLOK, METRO – Empat kepala keluarga (KK) menolak untuk mendapatkan bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Solok. Mereka menolak lantaran merasa tidak berhak menerima bantuan tersebut.

Dalam temu ramah bersama masyarakat penerima PKH, Bupati Solok, Gusmal mengatakan, sebetulnya masyarakat penerima PKH diantaranya, keluarga baru, keluarga yang memiliki balita, keluarga kurang mampu, keluarga yang memiliki anak disabilitas/cacat. Dan sejauh ini masyarakat yang tercatat sebagai penerima PKH sebanyak 16.610 orang dengan jumlah pendamping sebanyak 75 orang.

Untuk itu Gusmal berharap agar pendamping memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat penerima PKH. Salah satunya menurut Gusmal dengan melakukan pendataan yang akurat terhadap masyarakat sehingga program tersebut lebih tepat sasaran.

Terkait masyarakat yang menolak menerima bantuan PKH lantaran merasa tidak berhak menerima bantuan tersebut, Gusmal mengaku merasa kaget. Namun sikap masyarakat tersebut menurutnya sangat bijak dan positif. “Terkadang yang lebih tahu kondisi keluarga adalah masyarakat itu sendiri. Dan sifat kejujuran itu lah yang penting karena ada masyarakat lain yang lebih membutuhkan,” ujar Gusmal.

Dan yang lebih diperhatikan lanjutnya, jangan sampai ada masyarakat yang berhak menerima PKH tetapi malah tidak mendapatkan haknya tersebut. Disini peran pendamping terhadap akurasi data yang ada. “Jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan program ini untuk mencari keuntungan pribadi,” tegasnya.

Gusmal menjelaskan, melalui program tersebut, jangan hanya pasif masyarakat sebagai penerima PKH. Meningkatkan keterampilan masyarakat melalui pendamping PKH sangat diperlukan. Sehingga diharapkan nantinya keluarga yang saat ini penerima PKH menjadi keluarga yang mandiri. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional