Menu

Tak Ada Lawan, Rafi Kasim bakal Dilantik jadi Ketua HKM Padang

  Dibaca : 1416 kali
Tak Ada Lawan, Rafi Kasim bakal Dilantik jadi Ketua HKM Padang
MUBES— Panitia Mubes Himpunan Keluarga Muhammadan sedang melakukan pembahasan terkait persiapan Mubes

PURUS, METRO
Himpunan Keluarga Muhammadan (HKM) Padang akan melaksanakan musyawarah besar (Mubes) ke-IV pemilihan ketua umum periode 2021-2025 pada 14 Februari mendatang. Dari 3 nama kandidat yang mencuat untuk pemilihan ketua umum yang menurut rencana akan di laksanakan melalui proses pencoblosan, akhirnya menyisakan satu calon dikarenakan dua kandidat lainnya menyatakan mundur di karenakan beberapa hal.

“Proses penjaringan nama calon yang akan maju dalam pemilihan ketua umum ini telah berlangsung satu bulan yang lalu. Nama-nama tersebut di ajukan oleh ketua rayon yang tentunya sesuai dengan syarat pengajuan calon ketua umum berdasarkan AD-RT yang telah di buat oleh HKM Padang,”ujar Ketua Panitia Pelaksana Mubes ke-IV HKM Elman Musa di sela pelaksanaan diskusi panel penyampaian visi dan misi caketum, Minggu (31/1) malam.

Dalam kegiatan yang berlangsung di gedung serbaguna HKM Padang Jalan Purus V Nomor 95A, Kecamatan Padang Barat ini Elman Musa mengatakan, proses awal penjaringan nama yang akan maju di serahkan kepada masing-masing rayon HKM Padang yang memiliki 22 rayon di Kota Padang. “Dari 22 rayon, akhirnya 5 rayon mengajukan nama-nama yang akan di lakukan verifikasi layak tidak layaknya ke-5 nama tersebut maju dalam pemilihan. Dari 5 nama tersebut, di lakukan proses verifikasi hingga terpilih 3 nama kandidat yang di umumkan pada hari Minggu (21/1) yang lalu, yaitu M. Sidiq dari rayon Belimbing,Muhammad Rafi Kasim dari Rayon Rasuna Said, dan M. Zulkarnaen dari rayon Pondok,”sebut Elman Musa.

Ditambahkannya, usai proses verifikasi dan terpilih 3 nama tersebut, selanjutnya di lakukan pencabutan nomor urut 3 calon  yang di lakukan pada hari Kamis (25/1), dengan pembagian nomor urut 1 M. Sidiq, nomor urut 2 Muhd Rafi Kasim, dan nomor urut 3 M. Zulkarnaen. “Nah, menurut rencana malam ini Minggu (31/1) akan di lakukan diskusi panel yang dilakukan oleh 3 orang kandidat. Namun kandidat nomor 1 tidak hadir. Terakhir diketahui, yang bersangkutan menyatakan mundur menjadi caketum dengan alasan yang belum di ketahui,”ungkapnya.

Sementara itu, kandidat nomor urut 3 M. Zulkarnaen yang hadir hari ini juga menyatakan mundur dengan alasan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan dirinya untuk melanjutkan kontestasi pemilihan ketua umum yang akan berlangsung dua pekan kedepan. “Saudara M. Zulkarnaen ini di ketahui baru saja keluar dari rumah sakit usai menjalani perawatan. Sehingga atas permintaan keluarga beliau yang benar-benar harus istirahat total. Beliau dengan legowo menyatakan mundur dan siap mendukung Muhammad Rafi Kasim maju menjadi ketua umum sebagai calon tunggal,”katanya.

Sebagai panitia Elman Musa mengatakan akan meminta dua kandidat yang menyatakan mundur sebagai caketum HKM Padang periode 2021-2025 membuat surat pernyataan secara resmi. Sementara itu, untuk Mubes nantinya akan sedikit mengalami perubahan.

“Jadwal Mubes kita tidak berubah, tapi proses pemilihannya yang akan di batalkan. Karena, awalnya kita berencana melaksanakan pemilihan melalui proses pencoblosan seperti yang di lakukan dalam pemilihan umum (Pemilu). Karena tinggal satu calon lagi, sehingga dalam Mubes nanti tinggal melantik secara aklamasi saudara M. Rafi Kasim sebagai ketua umum HKM Padang periode 2021-2025 menggantikan ketua lama Bapak Ali Khan,”ungkap Elman Musa. Kandidat nomor urut 2 Muhammad Rafi Kasim yang saat ini menjadi calon tunggal untuk menjadi ketua umum memimpin lebih kurang 800 kepala keluarga (KK) dari 22 rayon HKM Padang berjanji menjadikan HKM Padang yang di akui baik oleh pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat. “Misi Saya untuk menuntaskan legalitas HKM Padang sebagai organisai ataupun yayasan yang memiliki dokumen dan sesui dengan aturan dan perundangan nasional, serta terjamin eksistensinya sesuai tata administrasi negara,”sebutnya.

Untuk mencapai itu semua, dirinya akan merangkul seluruh pihak yang ada di dalam HKM Padang baik dari kepemudaan, Majelis Ta’lim, dan senior-senior di HKM agar bersatu demi kemajuan HKM Padang kedepannya. “Dengan waktu sekitar dua pekan ini, Saya akan membentuk kepengurusan yang mumpuni dan mampu bertanggungjawab di tugasnya masing-masing sehingga ke depannya HKM Padang ini menjadi lebih baik,”tutur M. Rafi Kasim.

Sementara itu, badan kehormatan HKM Padang Abbas Adam mengatakan, ketua yang akan memimpin 22 rayon HKM di Kota  Padang harus menepis anggapan yang jadi pemimpin tersebut adalah orang yang berduit, karena semuanya bisa di rembukkan secara bersama-sama. “Selain itu, harus mendudukkan kepngurusan dengan baik, tidak membeda-bedakan rayon walaupun berasal dari rayon lain, serta menyelesaikan setiap persoalan dengan kepala dingin dan lapang dada,”tutur Abbas Adam

Perlu diketahui, ketua umum berperan menyampaikan pesan baik duka maupun cita kepada ketua rayon yang selanjutnya ketua masing-masing rayon menyampaikan kepada anggota rayon.”Sehingga nantinya, apabila ada dari keluarga HKM Padang yang mengadakan pesta maupun ada yang meninggal dunia, Kami secara bersama-sama ikut hadir dan membantu setiap kegiatan maupun kemalangan tersebut,”tutupnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional