Close

Tahun Kedua Suhatri Bur – Rahmang, Pembangunan Infrastrutur Digenjot, Eknomi Masyarakat Meningkat

serahkan zakat— Bupati Suhatri Bur menghadiri perantau pulang kampung serahkan zakat.

Laporan: Efanurza Padangpariaman

Memasuki tahun ke dua pemerintahan Bupati Padangpariaman Suhatri Bur bersama Wakilnya, Rahmang terus melakukan berbagai terobosan menuju Padangpariaman berjaya. Pembangunan infrastruktur dikebut dizaman Suhatri Bur – Rahmang. Pasalnya, pemba­ngunan infrastruktur ter­sebut sangat mendesak dalam meningkatkan pe­rekonomian masyarakat. Apalagi dua tahun diterjang covid 19, sehingga pembangunan yang dibutuhkan masyarakat ter­kendala.

Pembangunan infrastuktur yang berkualitas di Kabupaten Padangpariaman sangat diutamakan untuk peningkatan eko­nomi, pengembangan wi­layah dan pembangunan berkelanjutan dengan ber­wawasan lingkungan. “Karena itulah memasuki tahun kedua ini saya bersama semua jajarannya terus berkomitmen untuk membangun infrastruktur tersebut terlebih dahulu, seperti pembangunan ja­lan jalan, karena masih banyak yang rusak rusak,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, lancar transportasi masyarakat otomatis ekonomi masyarakat juga meningkat. Makanya, pembangunan jalan sa­ngat utama dilakukan Pem­kab Padangpariaman. Jadi siap lebaran tahun 2022 ini seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar ber­kerja sesuai tugas dan fungsinya kembali.  Suhatri Bur menegaskan agar seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman kembali beraktifitas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Setelah cukup lama menikmati liburan, mari kita kembali melanjutkan tugas-tugas yang tertunda atau belum terselesaikan karena cuti bersama lebaran kemarin.Tentu Bapak/Ibu semua memulai kerja pada hari ini pe­nuh dengan semangat. Apalagi setelah ditempa selama satu bulan penuh dengan menjalankan iba­dah puasa, tentu akan terjadi peningkatan keimanan yang mendorong kita bekerja dengan ikhlas sebagai insan yang bertaq­wa,” ujarnya.

Kemudian, Suhatri Bur memaparkan pada tahun 2022 ini, terdapat beberapa kegiatan strategis yang menjadi prioritas, dian­taranya peningkatan jalan DAK reguler, dengan anggaran sebesar Rp. 13,1 milyar meliputi rehabilitasi Jalan Simpang Punggung Kasiak – Simpang Apa Pakandangan dan rehabilitasi Jalan Kayuta­nam – Lubuak Simantuang.

Peningkatan jalan DAK penugasan, dengan anggaran sebesar Rp. 19,9 milyar, meliputi rehabilitasi jalan Gasan Gadang – Aur Malintang, Rehabilitasi jalan Pilubang – Tabek dan rehabilitasi jalan Kiambang – Simpang Pa­dang Gedok.  Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jembatan Lubuk Napa dengan anggaran sebesar Rp. 7,8 Milyar, peningkatan infrastruktur irigasi DAK penugasan, dengan anggaran sebesar Rp. 5,1 milyar yang meliputi rehabi­litasi Jaringan Irigasi D.I Alahan Tabek Sikucur, Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Duku I SP I dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Kampung Manggis Bara­ngan.

Peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan anggaran sebesar Rp. 2,8 Milyar dalam 12 paket kegiatan yang tersebar di beberapa Kecamatan. Pengelolaan dan Pengembangan Sistem Air Limbah Domestik dengan anggaran sebesar Rp. 4,6 Milyar dalam 8 paket kegiatan yang ter­sebar di beberapa Kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara swakelola, melalui Program Padat Karya Berbasis Ma­sya­rakat.

Peningkatan Jalan DAU Paket I sebesar Rp. 7,1 Milyar, Peningkatan Jalan DAU Paket II sebesar Rp. 13,7 Milyar, Pe­ningkatan Jalan DAU Paket III sebesar Rp. 6,4 Milyar. Meliputi 44 ruas jalan yang tersebar di seluruh daerah di Kabupaten Pa­dang Pariaman. “Semua program infrastruktur ta­hun 2022 di atas sedang dilakukan proses tender dan sebagian telah mulai dilaksanakan. Untuk itu, dibutuhkan komitmen kita bersama dalam pelaksa­naan program dan kegiatan agar terlaksana de­ngan baik, tepat waktu dan tepat guna. Komitmen bersama ini, juga harus didukung oleh peran serta setiap elemen masya­rakat di Nagari,” ujarnya.

Bagikan Zakat Alumni SMP

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur hadiri reunian SMP 1 Standar Su­ngai Sariak angkatan 88, dengan topik Peduli dan berbagi dengan fakir miskin dan anak yatim. Ketua Umum alumni H. Japar, mengatakan, sangat ber­terima kasih atas kehadiran dan kekompakan anggota alumni, sehingga a­cara tersebut berlangsung sukses dan meriah. Dihadiri oleh sekitar 100 alumni yang datang dari ber­bagai daerah di seluruh Indonesia. “Semoga kebersamaan ini bisa dipertahankan dan pertemuan selanjutnya kita akan me­libatkan keluarga masing-masing. Sehingga silatu­rahmi yang kita jalin tidak sebatas alumni saja, melainkan pertemuan keluarga besar alumni,” kata­nya.

Begitu juga dengan kahadiran Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan beserta Camat, pada pertemuan itu. Ketua beserta rekan alumni merasa sa­ngat tersanjung dengan kehadiran orang nomor satu di Pa­dang Pariaman itu, karena baru pertama kalinya acara reuni mereka dihadiri oleh Bupati.

Suhatri Bur juga sa­ngat mengapresiasi kegiatan yang digelar alumni SMP 1 standar Sungai Sa­riak. Karena tidak hanya menggelar buka puasa saja, tetapi juga menggugah anggota alumni untuk ikut peduli dan berbagi dengan fakir miskin dan anak yatim di bulan yang penuh berkah ini. “Ini merupakan kegiatan yang patut dicontoh, ada makna yang mendalam terkandung dalam pertemu­an reuni ini yaitu peduli dan berbagi. Semoga semua yang telah diberikan, bermanfaat bagi dunsa­nak kita yang membutuhkan dan mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT,” ujar Bupati.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Jonifriadi melaporkan terkait pelaksanaan reuni dan inisiasi untuk menggabung kegiatan buka bersama sejalan dengan kegiatan sosial peduli dan berbagi. “Ke­giatan sosial peduli dan berbagi ini dilaksanakan setiap tahun, yang dihimpun dari iyuran anggota. Sehingga pertemuan alum­ni kita ini, memberikan kesan tersendiri bagi kita semua dan jauh dari suasana hura-hura dan kesan glamour,” ungkapnya. Dikatakannya, jumlah penerima bantuan pada malam itu, disediakan sebanyak 110 paket untuk anak yatim dan fakir miskin. Dengan total bantuan yang diberikan sebesar Rp29.000.000. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top