Menu

Tahun ini, 157 CJH di Kabupaten Sijunjung  Batal Berangkat

  Dibaca : 63 kali
Tahun ini, 157 CJH di Kabupaten Sijunjung  Batal Berangkat
LATIHAN—Calon jamaah haji Kabupaten Sijunjung saat latihan simulasi manasik haji.

SIJUNJUNG, METRO–Sebanyak 157 calon jamaah haji di Kabupaten Sijunjung batal berangkat menunaikan ibadah haji di tahun 2021. Pernyataan pem­batalan tersebut dikeluarkan pe­me­rintah pusat akibat dampak dari pandemi Covid-19 secara global.

Kepala Kemenag Kabupaten Sijunjung Afrizal mengatakan,  pihaknya sudah memberikan pen­jelasan sebelumnya kepada calon jemaah haji di Sijunjung. Dari jumlah 157 calon jemaah haji terbagi diantaranya 94 orang perempuan dan 63 orang jamaah laki-laki.

“Jauh hari sebelumnya kita juga sudah memberikan gambaran kepada calon jamaah tentang hal ini. Agar para jamaah tidak terlalu berharap untuk berangkat tahun ini, mengingat di masa pandemi saat ini,” tutur Kepala Kemenag Sijunjung Afrizal, Senin (7/6).

Namun setelah pemberitahuan pembatalan dari pemerintah pusat keluar, pihaknya baru menyam­paikan melalui pesan di grup whattsapp. “Secara langsung memang belum. Namun kita akan mengagendakan pertemuan me­lalui ketua kelompok masing-masing,” ujar Afrizal.

Pihaknya mengatakan, meski­pun tidak jadi berangkat, para jemaah bisa mengambil kembali uang pelunasan pembayaran, dan akan tetap terdaftar sebagai calon jemaah yang akan berangkat tahun selanjutnya. “Bagi yang mau mengambil kembali uang pelu­nasan bisa. Dan tetap terdaftar untuk jadwal berangkat tahun 2022 mendatang. Nanti kita akan  bantu mengurus prosesnya,” kata Afri­zal.

Afrizal mengimbau agar para jemaah memaklumi situasi dan kondisi tetsebut. “Kita juga mem­berikan pemahaman agar bisa mengambil hikmah atas situasi ini. Meski tidak jadi berangkat Insya­Allah niat yang sudah ditunaikan akan tercatat sebagai ibadah,” imbau Afrizal.

Sebelumnya pemerintah pusat mengatakan bahwa kemungkinan keberangkatan itu berada di angka 5 hingga 30 persen. “Dari angka tersebut kalau memang jadi be­rangkat, hanya sekitar tujuh orang yang bisa berangkat. Tapi ternyata memang tidak jadi sama sekali,” ungkap Afrizal. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional