Close

Tahun 2022, Pemprov Sumbar Entaskan Seluruh Nagari Sangat Tertinggal

Medi Iswandi Kepala Bappeda Sumbar

PADANG, METRO–Pemerintah Provinsi Su­matera Barat (Pemprov Sumbar) berhasil mengentaskan seluruh nagari/desa sangat tertinggal di daerah itu pada 2022.

“Dari 928 nagari atau desa yang ada di Sumatera Barat hingga awal 2022, tiga di antaranya adalah nagari sangat tertinggal. Namun sekarang sudah berhasil dientaskan,” kata Kepala Ba­dan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, Medi Iswandi di Padang, Kamis.

Ia merinci tiga nagari sangat tertinggal yang berhasil dientaskan itu berada di Kabupaten Solok Selatan masing-masing Nagari Lubuk Ulang Aling Tengah, Lubuk Ulang Aling Selatan dan Lubuk Ulang Aling.

“Tiga nagari ini saling berbatasan dan dapat dientaskan dari status sangat tertinggal pada waktu bersamaan. Statusnya naik satu tingkat menjadi nagari ter­tinggal,” katanya.

Medi mengatakan yang disebut dengan nagari/desa sangat tertinggal (Desa Pratama) adalah desa yang mengalami kerentanan ka­rena masalah bencana a­lam, goncangan ekonomi, dan konflik sosial.

Sehingga tidak berkemampuan mengelola potensi sumber daya sosial, eko­nomi, dan ekologi, serta mengalami kemiskinan da­lam berbagai bentuknya.

“Dengan kolaborasi yang baik antara semua pihak terutama Pemprov Sum­bar dan Pemkab Solok Selatan, nagari sangat ter­tinggal berhasil dientaskan. Ke depan kita terus berupaya untuk meningkatkan menjadi nagari maju atau mandiri,” katanya.

Berdasarkan data Bappeda Sumbar saat ini status kemajuan dan kemandirian desa tahun 2022 di Sumbar masing-masing nagari man­diri jumlahnya naik dari 76 jadi 132 nagari atau naik 174 persen. nagari maju naik dari 399 jadi 458 nagari atau naik sekitar 115 persen.

Sementara nagari ber­kembang turun dari 415 nagari menjadi 310 nagari. Jumlah yang berkurang itu statusnya naik menjadi nagari maju.

Sedangkan nagari ter­tinggal turun dari 35 jadi 28 nagari (20 persen). Tujuh nagari telah naik status menjadi nagari berkembang. Dan nagari sangat tertinggal yang awalnya tiga nagari menjadi nol nagari.

Ia berharap dengan du­kungan dan kerjasama yang baik dengan semua pihak status nagari tertinggal yang saat ini berjumlah 28 nagari secara bertahap bisa dientaskan dan naik status menjadi nagari berkem­bang. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top