Menu

Tahapan Pilkada 2020, KPU Tunggu Kepastian Penggunaan APD

  Dibaca : 456 kali
Tahapan Pilkada 2020, KPU Tunggu Kepastian Penggunaan APD
Tahapan Pilkada 2020, KPU Tunggu Kepastian Penggunaan APD

KHATIB, METRO
KPU Sumbar masih menunggu kepastian penggunaan alat pelindung diri (APD) dalam tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020 mendatang. APD tentu akan sangat penting bagi petugas KPU di lapangan, terutama bagi yang akan melakukan verifikasi faktual langsung ke para pendukung bakal calon independen.

Anggota KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, KPU RI belum mengeluarkan aturan resmi terkait pengadaan APD itu. Namun, saat ini KPU tengah melakukan pembahasan pengadaan APD bersama menteri-menteri terkait.

“Rata-Rata kepala daerah kan tidak sanggup untuk memenuhi permintaan pengadaan alat kesehatan (APD), tetapi itu sedang dalam pembahasan di Kemendagri dan akan diusahakan dari APBN. Cuma, belum dapat keputusan dari Menteri Keuangan. Kabarnya akan dibahas lagi di Komisi II DPR RI,” ujarnya, Senin (8/6).

“Kalau pakai baju hazmat sekian, kalau hanya pakai yang ringan-ringan seperti masker dan hand sanitizer hanya sekian,” kata Izwaryani.

Sementara itu terang Izwaryani, KPU saat ini juga tengah memetakan dan menyusun penambahan anggaran akibat pengadaan APD tersebut. “Kini kita juga sedang menyusun penambahan anggaran akibat pengadaan APD, sekarang sedang berlangsung,” katanya.

Izwaryani juga meluruskan soal jadwal tahapan pilkada serentak di Sumbar. Sejauh ini, KPU Sumbar masih belum secara resmi menerbitkan jadwal pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

Sebelumnya ia menyebutkan, bahwa tahapan tersebut akan dimulai pada 6 Juni atau setidaknya paling lambat 15 Juni mendatang. Dikatakannya, tahapan itu sangat tergantung pada aturan dari KPU RI.

“Resminya belum turun, belum ada aturan baru dari KPU RI, itu masih pengembangan wacananya,” jelas Izwaryani.

Soal tahapan ungkapnya, setelah turunnya aturan resmi, barulah KPU Sumbar akan melanjutkan tahapan yang telah tertunda. Sementara itu, terkait bakal calon kepala daerah yang saat ini masih menjabat sebagai kepala daerah juga belum ada aturan resmi kapan para bakal calon tersebut akan cuti dari jabatannya.
“Itu juga belum ada jadwal resminya, kita masih menunggu itu,” ujar Izwaryani. (heu)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional