Menu

Tahapan Pilkada 2020 bakal Dilanjutkan 6 Juni

  Dibaca : 589 kali
Tahapan Pilkada 2020 bakal Dilanjutkan 6 Juni
Tahapan Pilkada 2020 bakal Dilanjutkan 6 Juni

PADANG, METRO
KPU bakal menggelar pemungutan suara pilkada pada 9 Desember 2020. Terkait hal itu, KPU berencana akan kembali melanjutkan tahapan pilkada mulai 6 Juni mendatang. Sebelumnya beberapa tahapan terkait kesiapan pilkada tertunda selama tiga bulan akibat pandemi Covid-19.

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, KPU Sumbar saat ini masih menunggu jadwal tahapan pilkada 2020 baru yang akan dikeluarkan oleh KPU RI. Ia menjelaskan, KPU RI telah melakukan uji publik Rancangan Peraturan KPU (PKPU) tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020.

Dari pengujian tersebut ungkapnya, direncanakan tahapan pilkada akan dimulai kembali pada 6 Juni atau paling lambat 15 Juni. “Kalau kini statusnya masih dalam penundaan. Untuk kapan dimulainya, ada dua opsi pada KPU RI, tanggal 6 atau 15 Juni paling lama dimulai,” kata Izwaryani.

Soal sistem tahapan, kata Izwaryani, belum ada perubahan. Jika nanti tahapan telah dimulai, KPU Sumbar akan tetap menjalankan tahapan sesuai dengan alur dan peraturan yang telah ada. Seperti dalam tahapan verifikasi faktual yang akan berlangsung, KPU akan tetap mengunjungi rumah pendukung pasangan calon (Paslon).

Dijelaskan Izwaryani, tahapan pilkada tersebut tertuang dalam undang-undang. Sementara undang-undang itu tidak berubah. “Tahapannya masih sama, hanya saja pada saat proses berjalannya tahapan, kita akan terapkan protokol kesehatan Covid-19,” tutur Izwaryani.

Sebelumnya, pada Mei 2020 lalu, KPU RI menunda beberapa tahapan pilkada 2020 akibat penyebaran Covid-19 yang kian masif di berbagai daerah di Indonesia. Adapun tahapan yang tertunda tersebut adalah pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), verifikasi bakal calon perseorangan serta rekrutmen petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Izwaryani mengatakan, penundaan beberapa tahapan tersebut didasarkan kepada Surat Keputusan (SK) Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU /111/2020 yang dikeluarkan oleh KPU Pusat. “Penundaan itu pada minggu dini hari sudah ada SK-nya dari KPU RI, penundaan untuk tiga tahapan,” tutup Adiak sapaan akrab Izwaryani. (heu)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional