Menu

Tabung Oksigen Meledak, Apotek Excellent Terbakar di KM 4 Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam

  Dibaca : 231 kali
Tabung Oksigen Meledak, Apotek Excellent Terbakar di KM 4 Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam
KEBAKARAN— Petugas Damkar melakukan penyemprotan air untuk memadamkan api yang membakar Apotek Excellent di Jalan Raya Bukittinggi-Padang Panjang.

AGAM,METRO–Satu unit bangungan ruko yang digunakan sebagai tempat usaha apotek di Jalan Raya Bu­kittinggi-Padang Panjang, KM 4 Padang Lua, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, menga­lami kebakaran pasa Selasa malam (17/8) sekitar Pukul 20.20 WIB.

Diduga, kepabakaran yang melanda apotek de­ngan nama Apotek Excellent yang menjual berbagai macam obat-obatan dan alat kesehatan ini dise­bab­kan adanya kebocoran ta­bung gas oksigen hingga menimbulkan ledakan dan menimbulkan percikan api setelah mengenai listrik.

Api dengan cepat me­nyebar di dalam ruko, se­hingga banyak barang ber­harga yang tidak dise­la­mat­kan. Untungnya, da­lam musibah tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa, karena pemilik apotek de­ngan cepat berlari ke luar ruko untuk menyelamatkan diri. Ditaksir, kerugian yang ditimbulkan mencapai ratu­san Juta.

Danru Damkar Agam, Alek Youhendri menga­ta­kan, setelah mendapatkan laporan ada­nya kebakaran Apotek Excellent milik Hen­­­dra Putra (43) di Pa­dang­lua, Banu­ham­pu ter­bakar, pihak­nya lang­sung mengerahkan enam unit mobil pemadam.

“Api berhasil kita pa­dam­kan dibantu oleh war­ga sekitar 2 jam setelah keja­dian. Untuk semena­tara kejadian kebakaran ini diduga akibat ledakan ta­bung oksigen dan langsung menyambar bola lampu yang tengah menyala pada malam itu,” ungkap Alek, Rabu (18/8).

Dijelaskan Alek, dari keterangan keterangan pemilik apotek, sebelum kebakaran sekitar pukul 19.30 WIB, pemilik  sedang mengisi ulang tabung ok­si­gen. Tiba-tiba, saat pro­ses pengisian, terjadi ke­bo­coran pada tabung ok­sigen tersebut sehingga lang­sung meledak dan menye­barkan gas dalam ruangan

“Oksigen kemudian me­­nge­nai bola lampu hing­ga menimbulkan percikan api. Saat itu, pemilik apo­tek sudah berusaha untuk me­madamkan api, namun ti­dak berhasil. Api malah ma­kin membesar dan pe­milik apotek langsung ber­lari ke luar ruko meminta ban­tuan warga,” kata Alek.

Dijelaskan Alek, mu­sibah kebakaran itu sem­pat membuat kemacetan di daerah sekitar dengan ramainya warga yang ikut membantu evakuasi dan pemadaman. Terdengar beberapa kali suara leda­kan saat api membesar di lokasi kejadian yang berse­belahan dengan beberapa toko lainnya.

“Tidak ada korban jiwa. Untuk sementara,  keru­gian ditaksir mencapai Rp.800 juta. Sedangkan tindak lanjut penye­lidikan­nya kita serahkan kepada Polsek Banuhampu,” pung­kasnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional