Menu

Tabrak Pagar Pembatas, Pembalap Seruduk Penonton

  Dibaca : 148 kali
Tabrak Pagar Pembatas, Pembalap Seruduk Penonton
PENONTON TERLUKA— Salah seorang penonton Limpapeh Road Race yang terluka dibawa ke RS Achmad Mukhtar usai ditabrak pembalap.

Lima Korban Dilarikan ke Rumah Sakit, Tes Urine, Positif Narkoba

BUKITTINGGI, METRO – Balapan motor Limpapeh Open Road Race di Jalan By Pass tepatnya di depan Kantor Wali Kota Bukittinggi memakan korban, Minggu (1/12) sekitar 14,00 WIB. Lima penoton luka-luka akibat ditabrak seorang pembalap yang hilang kendali di arena balapan. Bahkan satu korban sempat kejang-kejang bersimbah darah dilokasi kejadian. Setelah dilakukan cek urin, ternyata si pembelap positif narkoba.

Lima penonton yang menjadi korban terdiri dari tiga dewasa dan dua anak-anak diketahui bernama Resi Ade Putra (24). Gesan (7), Ibnu l (6) dan Miarizal (36) serta M. Fajar (20). Mereka terpaksa dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis karena mengalami luka-luka.

Informasi yang diperoleh di UGD RS Ahcmad Mukhtar, para korban mengalami rata-rata luka di bagian kepala dan sebagian lagi luka dikaki. Tidak hanya penonton yang terluka, pembalap bernama Boy (31) juga mengalami cidera pada bahunya sehingga ikut dibawa ke rumah sakit.

Awalnnya, balapan itu berlangsung meriah dan sangat menghibur para penonton lantaran para pembalap saling adu kecepatan untuk menjadi yang tercepat. Namun, tiba-tiba saja, pembalap Boy menyeruduk pagar pembatas lintasan hingga mengenai sejumlah lima orang penonton. Sontak, kejadian itu membuat suasana balapan berubah menjadi kepanikan.

Para penonton berhamburan dan berusaha mengevakuasi para korban yang sudah terkapar. Bahkan, dua dari lima orang korban dalam kondisi sangat parah dan tidak sadarkan diri. Ambulans yang memang sudah stand by di lokasi, langsung membawa para korban ke rumah sakit.

“Untuk luka di kepala membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dengan menggunakan alat CT-Scan. Satu orang anak dan korban dewasa mengalami cidera yang cukup serius pada bagian kepala karena belum sadarkan diri dikarenakan adanya benturan keras di kepala,” kata Dini yang merupakan dokter jaga UGD Achmad Mukhtar Bukittinggi.

Salah seorang penonton, Iwan menuturkan, kecelakaan pembalap tersebut berkemungkinan hilang kendali ketika melaju sangat kencang. Saking kencangnya, pagar pembatas arena dengan penonton diterobos oleh motor pembalap hingga mengenai penonton.

“Ketika sudah kelihatan hilang kendali, penonton yang lain sudah sempat berteriak untuk menjauh dari pagar, agar pembalap tidak mengenai penonton namun kendali motor tidak bisa dikendalikan pembalap sehingga melukai sejumlah penonton,” ujar Iwan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Limpapeh Open Road Race, Imam mengatakan penonton yang ditabrak pembalap tidak mendapat jaminan dari panitia tetapi pembalap yang mendapat kecelakaan telah dijamin asuransi.

“Kalau pembalap sudah dijamin asuransi tetapi penonton tidak kita diasuransikan sesuai dengan aturan yang dibuat oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI),” jelas Imam kepada POSMETRO di RS Achmad Muchtar.

Sebenarnya lanjut Imam, panitia telah menghimbau agar penonton menjahui area steril, akan tetapi karena penonton itu banyak sehingga mereka mendekati pagar pematas arena. “Sebagai bentuk ikut prihatin kami dari panitia menjenguk korban dan pembalap di rumah sakit ini,” ungkapnya.

Pascaterjadinya insiden pembalap Road Race Limpapeh yang menyeruduk penonton, Tim Elang Sat Narkoba Polres Bukittinggi langsung melakukan pengecekan urin terhadap pembalap tersebut. Ironisnya setelah dilakukan tes urin RST Bukittinggi pembalap tersebut positif memakai narkoba yang diduga digunakan sebelum balapan.

“Kami dari tim elang sangat mencurigai dengan insiden tersebut. Saat star salah satu pembalap mengarahkan motornya ke penonton dengan laju kencang sehingga menabrak lima orang penonton. Setelah kami lakukan cek urin hasilnya positif memakai narkotika sebelum balapan,” ungkapnya. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional