Menu

Syarat Dukungan Dua Calon Perseorangan di Solok Selatan, Penuhi Syarat Minimal

  Dibaca : 276 kali
Syarat Dukungan Dua Calon Perseorangan di Solok Selatan, Penuhi Syarat Minimal
DIPERIKSA—Dua petugas KPU Solok Selatan sedang melakukan pemeriksaan jumlah dukungan dan sebaran dukungan calon perseorangan.

PADANG ARO, METRO
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan, mengatakan dukungan KTP dua pasang calon perseorangan di daerah itu memenuhi syarat minimal setelah dilakukan pengecekan berkas jumlah dan sebaran.

Komisioner KPU Solok Selatan Divisi Teknis Wilson di Padang Aro, kemarin mengatakan berkas dukungan pasangan Joni Syarif-Rapialdi yang diserahkan sebanyak 17.005 dan setelah dilakukan penghitungan dan pencocokan serta sebaran yang memenuhi syarat atau lengkap sebanyak 13.620 dukungan dan tidak lengkap 3.385 dukungan.

Untuk pasangan Jon Matias-Jufrial berkas yang diserahkan sebanyak 15.632 dukungan dan yang lengkap 14.761 dukungan dan tidak lengkap 871 dukungan.

“Syarat minimal dukungan calon perseorangan untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Solok Selatan sebanyak 11.417 dukungan sedangkan dukungan kedua pasang calon ini setelah diperiksa masih diatas batas minimal dengan sebaran seluruh Kecamatan dan memenuhi syarat,” katanya.

Sementara dukungan yang tidak lengkap saat pemeriksaan seperti KTP non elektronik, B.1-KWK tidak ditandatangani oleh pendukung dan hanya ada KTP saja tanpa B.1-KWK.

Disebutkan, KPU akan melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas dukungan calon perseorangan.

Saat verifikasi administrasi kemungkinkan berkas dukungan calon perseorangan bisa berkurang dan bisa bertambah karena ganda atau KTP yang diserahkan milik anggota TNI, Polri, tidak cocoknya NIK termasuk kesesuaian pekerjaan dan umur.

Pemeriksaan administrasi petugas akan mencocokkan kesesuaian Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir serta alamat pendukung pada formulir model B.1-KWK Perseorangan dengan fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan.

Setelah pemeriksaan administrasi, katanya baru dilakukan verifikasi lapangan dengan cara sensus oleh PPS diawasi Bawaslu.

Syarat dukungan perseorangan di Solok Selatan sebanyak 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 11.417 dukungan.

Syarat dukungan calon perseorangan di Solok Selatan minimal 11.417 harus tersebar minimal pada empat kecamatan dari tujuh Kecamatan yang ada di kabupaten itu.

Komisioner Bawaslu Solok Selatan Divisi Pengawas dan Hubungan Antar Lembaga Ade Kunia Zelli mengatakan saat pemeriksaan jumlah dan sebaran berkas dukungan calon perseorangan pihaknya fokus mengawasi tata laksana atau prosedur pengecekan sesuai aturan yang berlaku. “Kami mengerahkan 15 orang pengawas setiap hari saat pemeriksaan berkas dukungan calon,” ujarnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional