Menu

Swab PCR dan Vaksinasi Kembali Dilakukan di Puskesmas Bukittinggi

  Dibaca : 180 kali
Swab PCR dan Vaksinasi Kembali Dilakukan di Puskesmas Bukittinggi
TES PCR—Melandainya kasus positif, Dinas Kesehatan Bukittinggi akan mengembalikan program swab PCR dan vaksinasi Covid-19 ke Puskesmas.

BUKITTINGGI, METRO–Mulai melandainya ka­sus positif covid-19 di Kota Bukittinggi, Dinas Kese­hatan juga tengah mem­persiapkan rencana untuk mengembalikan program swab PCR dan vaksinasi Covid-19 ke puskesmas. Hal ini dilakukan untuk me”refresh” kembali tugas tenaga kesehatan di RSUD Bukittinggi.

Plt Direktur RSUD Bu­kittinggi, dr Vera Maya Sari yang juga Sekretaris DKK, menjelaskan, kasus positif Covid-19 di Bukittinggi su­dah mulai melandai. Bah­kan untuk PPKM, Kota Wi­sata ini memang diperpan­jang tapi tidak lagi dalam status darurat.

“Ada wacana juga kita tidak perpanjang PPKM. Untuk itu, mulai kemarin (Senin -red) proses swab PCR dan vaksinasi Covid-19, kita kembalikan lagi ke Puskesmas masing ma­sing kecamatan. Jadwal juga terlampir. Pasien kita di RSUD sangat banyak. Ke­matin ada penambahan sa­tu lantai lagi untuk pa­sien co­vid. Kita tentu harus siap­kan juga untuk layanan ke­se­hatan lainnya,” jelas dr Vera.

Selain itu, lanjut dr. Vera, untuk memudahkan tracking akan ada pemerik­saan dengan meng­guna­kan rapid antigen. Pro­sesnya juga akan dilak­sanakan di puskesmas ma­sing masing. “Jadi ketika darurat kemaren, kita pu­satkan semua di RSUD Bukittinggi, mulai besok, kita kembalikan lagi ke puskesmas masing ma­sing,” ujarnya.

Pemko terus mengim­bau, agar warga tetap me­ne­rapkan protokol kes­e­hatan yang ketat. Karena varian baru dari Covid-19 memang sangat mem­ba­hayakan.

Pakailah masker de­ngan benar, jangan pakai masker kain yang tipis lagi. Hindari kerumunan, rajin mencuci tangan, kurangi mobilisasi dan menjaga jarak. Kita terus himbau warga untuk terapkan ini. “Untuk lepas dari covid, bukan hanya kerja dari pemerintah, tapi lebih ke­pada peran aktif masya­rarakat untuk mencegah penyebaran -nya,”jelas dr Vera. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional