Close

Suwirpen Suib Reses di Kelurahan Pampangan Nan XX, Masrakat Kurang Mampu Keluhkan Tak Dapat PKH

Wakil Ketua DPRD Suwirpen Suib saat melakukan reses di Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Rabu (16/2).

PADANG, METRO–Sejumlah masyarakat kurang mampu di Kelurahan Pampangan Nan XX yang tidak mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) menyampaikan keluhannya kepada Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib.

Hal ini disampaikan warga pada saat Suwirpen Suib melakukan reses di Kelurahan Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Rabu (16/2).

“ Persoalan ini menjadi sorotan bagi saya, karena dikeluhkan oleh masyarakat. Banyak bantuan-bantuan yang tidak tepat sasaran, kedepan kita mendorong unsur terkait bisa memperbarui data Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” katanya.

Dia mengatakan, DTKS harus seiring dengan kondisi waktu ke waktu, jika dulunya tergolong mampu sekarang bisa saja hidup di­bawah garis kemiskinan. Jika tidak diperbaharui maka yang dapat bantuan itu itu saja, bahkan ada juga yang dahulu nya kurang mampu sekarang mampu, tentu itu harus dikeluarkan dari DTKS.

“ Banyak bantuan-bantuan tidak tepat sasaran sekarang. Tidak ha­nya PKH, namun juga bantuan pemerintah berbentuk sembako, bahkan akses permodalan pemulihan ekonomi masyarakat, “ katanya.

Dia berharap petugas penda­taan DTKS benar-benar bekerja dengan objektif dan terjun langsung kelapa­ngan, agar orang-orang yang masuk memang layak untuk mendapatkan program bantuan pemerintah. Ja­ngan ada pertimbangan ha­nya untuk orang-orang terdekat saja.

“ Kita mendorong seluruh unsur terkait untuk melakukan pengawasan berlapis agar pendataan dan penyaluran bantuan berjalan optimal, “ tegasnya.

Ketua RT 01 Kelurahan Pampa­ngan XX Yeni mengatakan, banyak masyarakat ingin masuk dalam DTKS dan mendapatkan bantuan-bantuan pemerintah. Rata-rata masyarakat di sini bekerja sebagai buruh harian lepas, taraf  hidup pun berada pada garis kemiskinan.

Semoga dengan kedatangan Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib, memberikan harapan bagi masyarakat Pampangan untuk mendapatkan bantuan-bantuan.

“ Di Kelurahan Pampangan Nan XX, ada sekitar 300 warga penerima bantuan PKH,  beberapa ma­syarakat juga telah  didaftarkan melalui aplikasi online, diharapkan ada penambahan pada penyaluran bantuan di waktu berikutnya,” ka­tanya.

Dia menjelaskan pada RT 01, baru 20 yang terdaftar, sedangkan hampir seluruh warga sangat membutuhkan bantuan  PKH.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top