Menu

Survei Spektrum Politika, PDI P Juara Nasional, Gerindra Nomor Dua

  Dibaca : 124 kali
Survei Spektrum Politika, PDI P Juara Nasional, Gerindra Nomor Dua
SURVEI— Hasil survei yang dilakukan Spektrum Politika Institut .

PADANG, METRO–Direktur Data dan Riset, Spektrum Politika Institut  Andri Rusta SIP MPP mengatakan,  hasil survei Spektrum Politik Institut menemukan terjadinya persaingan ketat di antara partai-politik yang ada di DPR untuk menjadi partai dengan perolehan suara terbesar di DPR.

“Ini terlihat dari hasil survei yang dilakukan bah­wa PDI Perjuangan masih unggul dengan dukungan suara sebesar 18,9% dan diikuti oleh Partai Gerindra yang mendapatkan du­ku­ngan suara sebesar 11,7%. Di bawah kedua partai tersebut ada PKB yang memperoleh dukungan sebesar 7,9%,” kata Andri Rusta dalam pers relisnya, Kamis (19/8).

Kemudian, katanya do­sen FISIP Unand ini, Partai Gol­kar dengan jumlah du­ku­ngan suara sebesar 6,7%, dan urutan kelima ada­lah PAN dengan du­ku­ngan sebesar 6,2%. Masuk­nya PAN di peringkat lima besar ini memang menarik karena PAN bukanlah par­tai koalisi pemerintah yang mendominasi DPR. Selan­jutnya, di peringkat enam ada Partai Demokrat de­ngan suara sebanyak 6,1%, PKS sebanyak 5,8%, Partai Nasdem sebesar 4,1% dan PPP sebesar 3,6% (Laporan Survei Spekpol, hal.36).

Katanya, lembaga sur­vei Spektrum Politika In­sti­tut telah melakukan survei tentang Dinamika Peru­bahan Persepsi dan Peri­laku Memilih Mas­y­a­rakat Pasca Pemilu 2019 di Indonesia pada 5-17 Juli 2021. Survei ini melibatkan 1.240 orang responden yang di­wa­wancarai lang­sung de­ngan margin of error se­besar 2,8 persen dengan ting­kat keper­ca­yaan 95 per­sen yang di­lakukan di 34 pro­vinsi di Indonesia. “Se­jumlah per­tanyaan diaju­kan kepada responden, terutama me­nge­nai elekta­bilitas partai politik yang ada hari ini,” katanya.

Walaupun begitu, kata­nya, survei ini juga me­nemukan bahwa pilihan ma­syarakat masih belum sepenuhnya mengakar pa­da nilai-nilai ideologi yang dimiliki masing-masing partai tersebut. Ini dibuk­tikan dengan tingkat ke­sukaan dan kedekatan ma­syarakat (Party ID) yang masih rendah kepada par­tai politik yang ada dalam sistem politik.

“Survei ini menemukan tingkat kesukaan dan ke­de­katan masyarakat pada partai politik hanya pada angka 33,2%. Sementara itu, sebanyak 59,4% ma­syarakat Indonesia belum merasakan kesukaan dan kedekatannya dengan par­tai politik. Ini harusnya men­jadi perhatian partai po­litik karena rendahnya Party ID masyarakat Indonesia,” katanya.

Menariknya, sebut An­dri, dari 33,2% yang merasa suka dan dekat kepada partai politik ini hanya kepada PDI Perjuangan dan Partai Gerindra de­ngan Party ID masing-ma­singnya adalah 24,4% dan 16,5%. Sedangkan partai politik lain jauh berada di bawah kedua partai ter­sebut,” katanya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional