Menu

Survei Pilkada Padang, Mahyeldi 63% : Emzalmi 31%

  Dibaca : 411 kali
Survei Pilkada Padang, Mahyeldi 63% : Emzalmi 31%

PADANG, METRO—Menjelang Pilkada serentak di berbagai wilayah di Sumbar, lembaga survei Sumbar Leadership Forum (SBLF) sudah melakukan beberapa tinjauan di empat kota. Yaitu Padang,  Padangpanjang,  Sawahlunto dan Pariaman. 

Direktur Utama SBLF, Edo Andrefson mengatakan, bahwa hasil surveinya selama ini dengan kurun waktu seminggu sebelum hari H, hasilnya tidak akan meleset lebih dari 10 persen dari hasil survei. 

”Sebelumnya di Payakumbuh, kita sudah lakukan survei. Alhasil, survei kita tidak pernah meleset jauh dari angka 10 persen dari hasil survei,” ujar Edo saat jumpa pers, Jumat (22/6).

Edo mengharapkan, hasil survei ini bsa menjadi kajian ilmiah di mata masyarakat. Hasilnya diterima atau tidak, kembali ke diri masing-masing. Edo menambahkan, ia bersma SBLF sudah melakukan survei sejak Februari, April, Mei dan Juni di empat kota di Sumbar tersebut. 

Edo menyebutkan, Padang jadi kota terakhir survei dengan perolehan angka 63 persen untuk Mahyeldi-Hendri. Sedangkan Emzalmi-Desri hanya 31 persen dan 6 persen masih rahasia dengan koresponden survei sebanyak 800 orang.

Untuk Sawahlunto sendiri terangnya, dengan survei yang dilakukan sebanyak tiga kali, hasilnya yaitu pasangan Ali-Ismed memperoleh hasil 46 persen. Sedangkan pasangan  Fauzi-Dasrial 33 persen dan Deri-Zohirin hanya memperoleh 15 persen.

”Untuk Pariaman, dengan koresponden sebanyak 500 orang, Genius-Mardison mengumpulkan 47 persen, Mahyuddin-Ridwan 43 persen,” tukas Edo.

Sedangkan di Padangpanjang, ungkap Edo, survei terakhir dilakukan Maret lalu. Akibatnya, SBLF belum memiliki data yang akurat. Edo juga menjelaskan, ada fenomena yang kerap terjadi saat Pilkada,  misalnya terima bingkisan baru mencoblos. 

”Kecendrungan fenomena terima dan mencoblos di Padang ada sekitar 55 persen, di Pariaman 48 persen, di Sawahlunto 54 persen, dan di Padangpanjang ada 47 persen,” terangnya. (h)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional