Menu

Surat Dukungan Satu Truk, Fakhrizal dan Genius Umar Sambangi KPU Sumbar

  Dibaca : 532 kali
Surat Dukungan Satu Truk, Fakhrizal dan Genius Umar Sambangi KPU Sumbar
SERAHKAN—Fakhrizal dan Genius Umar bakal calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Amnasmen Ketua KPU Sumbar dan Surya Eftrimen Ketua Bawaslu Sumbar berfoto bersama usai menyerahkan berkas bakal calon Gubernur di Gedung Pramuka, Rabu (19/2).

PADANG, METRO--Fakhrizal dan Genius Umar menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pertama melalui jalur perseorangan yang mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat.  Kedatangan pasangan bakal calon Gubernur tersebut diiringi langsung oleh ratusan simpatisannya menuju Gedung Pramuka, Rabu (19/2) kemarin.

Fakhrizal dan Genius Umar yang didampingi istri juga langsung disambut oleh tarian didepan Gedung Pramuka oleh simpatisannya yang lebih dulu mendatangi Gedung Pramuka.

Berseragam serba putih, Fahkrizal dan Genius Umar mendatangi KPU pada pukul 12:00. Dengan membawa surat dukungan sebanyak 336.657 suara yang diangkut langsung oleh satu truk, pasangan balon tersebut optimis bisa diverifikasi oleh KPU Sumbar.
“Sekarang KPU sedang dalam pemeriksaan, kita bawa dukungan sebanyak 336.657 suara, dan itu sudah melebihi syarat yang diberikan oleh KPU Sumbar sebanyak 316.051 suara,” ujar Fakhrizal usai mendaftar di KPU Sumbar.

Fakhrizal juga mengatakan bahwa 19 kabupaten dan kota sudah terwakili oleh surat dukungan suara yang diberikan.

Ia juga menambahkan bahwa kurang lebih dari waktu 3 bulan, tim dari pasangan Fakhrizal dan Genius Umar mengumpulkan syarat dari calon Gubernur dan Wakil Gubernur melalui jalur perseorangan.

“Kurang lebih dari waktu 3 bulan kita mengumpulkan dukungan suara tersebut, kita punya tim 30 orang untuk mengentri data ini, kalau dukungan dari masyarakat, masyarakat sendiri yang langsung mengantarkan ke tim maupun langsung kepada kami,” kata Fakhrizal.

Usai mendaftar, balon tersebut akan mengikuti tahapan dari KPU Sumbar.
“Setelah ini kita mengikuti tahapan dari KPU saja, jika terverifikasi surat dukungan kita, kita berencana akan mendaftar sebagai peserta Pilgub pada Juni mendatang,” ujarnya.

Terkait status Fakhrizal yang saat ini masih sebagai anggota kepolisian, ia mengatakan bahwa setelah terdaftar sebagai peserta ia akan mundur dari Kepolisian.  “Saat ini belum, kalau sudah dinyatakan faktual oleh KPU, dan saya dan pak Genius terdaftar sebagai peserta Pilgub saya baru mundur dari Kepolisian,” katanya.
Dengan tagline ‘bersatu sumbar maju’ Fakhrizal dan Genius Umar yakin bisa membawa provinsi Sumbar maju.

Kemudian, Genius Umar balon Wakil Gubernur yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota Pariaman ini mengatakan bahwa visi-misinya di kota Pariaman sebagian besar sudah terpenuhi, jadi saat ini ia hanya menjalankan amanah yang diberikan masyarakat Sumbar dan Fakhrizal untuk maju sebagai Wakil Gubernur mendampingi mantan Kapolda Sumbar tersebut.

“Saya 1,5 tahun menjadi Walikota Pariaman, sebagian besar visi-misi saya sudah terjalankan, saya maju sebagai Wakil Gubernur ini dengan amanah yang didukung oleh masyarakat Sumbar dan pak Fakhrizal,” pungkasnya.

Genius Umar juga berencana, jika semua berjalan lancar terkait verifikasi dan pencalonannya sebagai Wakil Gubernur, ia memiliki tekad untuk memajukan infrastruktur Sumbar lebih maju meskipun kondisi saat ini APBD Sumbar tergolong kecil.

Melihat APBD kecil dengan rencana besar, Genius menilai bahwa itulah yang dibutuhkan oleh Sumbar, seorang leadership yang bisa menggunakan APBD itu se-bijaksana mungkin.  “Saya paham APBD Sumbar kecil, oleh karena itu kami perlu bersatu, antara sikronisasi pusat dan daerah, dan itu akan kita kuatkan demi memajukan infrastruktur Sumbar,” katanya.

Sementara itu, Izwaryani Komisioner KPU Sum bar saat ditemui megatakan bahwa setelah penyerahan berkas tersebut KPU mulai memeriksa satu persatu.  “Setelah penyerahan berkas ini kita akan periksa satu-satu, surat dukungan masing-masing pendukung, misalnya tidak ada tanda tangan dan lampiran KTP tidak kita terima kita kembalikan ke pasangan tersebut,” kata Adiak sapaan akrabnya.

Adiak juga mengatakan bahwa proses pemeriksaan selama dua hari, dan hasil faktualnya akan disampaikan pada 26 Maret sampai 15 April nanti.  “Kita jumlahkan dulu hasil pemeriksaan ini kalau ada yang tidak valid tidak diterima, sampai besok proses pemeriksaan, dan faktualnya akan disampaikan pada 26 Maret sampai 15 April,” pungkasnya.

Adiak juga mengatakan bahwa KPU Sumbar masih menunggu calon perseorangan hingga pukul 00:00 hari ini Kamis, (20/2).  “Kita masih buka pendaftaran hingga pukul 00:00 besok,” katanya kemarin.

Kemudian, terkait Fahkirzal yang masih berstatus sebagai anggota Kepolisian, Adiak mengatakan bahwa saat ini surat pengunduran diri itu belum diperlukan.  “Pengunduran diri itu nanti, saat bakal calon sudah ditetapkan sebagai calon pada bulan Juni, jadi untuk sekarang tidak masalah,” ujarnya.

KPU Sumbar saat ini tengah memeriksa empat dokumen, diantaranya dokumen fakta integritas, rekap jumlah dukungan, daftar nama calon per Nagari (B11), dan surat masing-masing pendukungnya,” tutupnya. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional