Close

Supardi : Ingin Sukses, Jual Wisata Budaya

DRAMA—Persembahan drama saat pembukaan pameran besar seni rupa Sumbar.

BATANGAGAM, METRO–Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi, menyebut bahwa kabupaten/kota termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, menjadikan pariwisata sebagai salah satu program prioritas dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Tapi, nyaris tidak ada yang “jualan” wisata budaya.

“Kalau ingin sukses yang harus kita “jual” itu wisata budaya,” begitu disampaikan Supardi, ketika menyampaikan sambutan pada pembukaan Pameran Besar Seni Rupa Sumbar dengan mengambil tema “Minangkabau Kini” di Agam Jua Art Culture Cafe, Jalan Inspeksi Batang Agam, Kelurahan Padang Tongah Balai Nan Duo, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Senin (8/11) sore.

Supardi mempertanyakan, wisata apa yang akan diunggulkan oleh masing-masing daerah dan Provinsi Sumatera Barat. “Tapi kita mau pariwisata apa?, bahari, alam, banyak daerah lain di Indonesia yang lebih hebat dan kaya dari kita. Hanya satu yang bisa kita angkat yaitu budaya. Hari ini banyak tempat wisata kita yang tidak pede menampilkan budaya,” sebut tokoh muda Sumatera Barat itu.

Politisi Gerindra Sumatera Barat yang komit untuk mengangkat wisata budaya sebagai unggulan yang harus ditampilkan sebagai khas minangkabau, bertekat agar kedepan acara pameran besar seni rupa dan tari dijadikan agenda tahunan secara bergantian.

Dan untuk tahun 2022 mendatang, disampaikannya akan dilaksanakan di Kota Padangpanjang. “Dalam acara ini kita undang Bupati/walikota se-sumatera barat, hanya Padangpanjang yang hadir, maka tahun 2022 acara ini kita laksanakan di Padangpanjang,” ucapnya.

Kurator Pameran Besar Seni Rupa Sumbar, Muharyadi, menyebut acara ini yang pertama kali dilaksanakan di Payakumbuh. Dengan menghadirkan para perupa minang yang sudah memiliki nama besar dari berbagai daerah di Indonesia. Karya-karyanya sudah diikutkan dalam berbagai pameran ditingkat nasional dan internasional.

“Ini pertama kalinya di Payakumbuh, yang akan digelar selama sepekan. Kami amati karya-karya yang ada ternyata teman teman perupa ini tidak berhenti berkarya. Diantara perupa ada yang datang dari Yokyakarta seperti Yusman, Albara, dan ada juga dari Bengkulu, Riau dan Sumatera Barat,” sebutnya.

Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Dinas Kebudayaan, Gemala Ranti, memberikan apresiasi kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi yang telah menginisiasi kegiatan kebudayaan diberbagai daerah di Sumatera barat. Bahkan, rencananya pada tahun 2022 mendatang, pameran besar seni rupa akan digelar di Kota Padangpanjang. “Gubernur mengapresiasi bapak Supardi, yang menginisiasi kegiatan ini,” ungkapnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top