Menu

Sungai Batang, Kabupaten Agam, Masuk 50 Besar ADWI 2021

  Dibaca : 170 kali
Sungai Batang, Kabupaten Agam, Masuk 50 Besar ADWI 2021
Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, masuk ke tahapan 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Nagari Sungai Ba­tang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, masuk ke tahapan 50 be­sar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. ADWI 2021 ini merupakan program yang dihelat Ke­menterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemen­parekraf) RI.

Nagari Sungai Ba­tang menjadi satu dari empat nagari di Sumbar yang bakal mem­pe­re­butkan predikat ber­gen­si dari ajang yang di­gelar Ke­menparekraf RI ini.

Kepala Dinas Pari­wi­sata Pemuda dan Olah­raga (Disparpora) Kabu­paten Agam, Syatria me­nyebutkan, dari 1.400 desa se Indonesia yang ber­kompetisi, mengerucut menjadi 300 besar, lalu 100 besar hingga terpilih 50 besar.

Di Provinsi Sumbar katanya lagi, ada empat desa yang lolos ke babak 50 besar. Selain Nagari Sungai Batang di Agam, ada Desa Wisata Kam­pung Minang Nagari Sum­pu, Tanahdatar. Desa Wi­sata Seribu Gonjong, Lima­puluh Kota dan Desa Apar, Kota Pariaman. “Alham­dulillah, Sungai Batang lolos hingga ke tahap no­minasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia,” ujar Syatria.

Menurutnya, dengan satu-satunya perwakilan Agam itu, pihaknya ber­harap dukungan penuh dari masyarakat. Selain itu, jajaran OPD di Kabu­paten Agam bisa lebih fokus menghantarkan Na­gari Sungai Batang ke puncak klasemen. “Kemu­dian dengan dukungan penuh Bapak Bupati A­gam, Andri Warman dan seluruh OPD yang ada, kita optimis meraih pre­dikat pada kompetisi Desa Wisata di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini,” ujar Syatria, Senin (23/8).

Agar persiapan lebih maksimal ulas Syatria, pihaknya akan menindak­lanjuti untuk memperkuat Tim Pokdarwis dan Orga­nisasi Kepemudaan yang ada di Sungai Batang. Menurutnya, banyak peng­­­gerak yang telah melakukan aksi be­be­rapa tahun ini, selain pok­dar­wis. Seperti Ko­munitas Pe­muda Gene­rasi Hamka (KPGH) Tan­jung Raya yang binaan langsung Camat Tanjung Raya.

Sementara itu, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengaku bangga atas prestasi yang diraih Nagari Sungai Batang. Dikatakanya, prestasi itu tidak lepas dari kerjasama semua pihak dan ke­pe­dulian bersama.

Menurutnya prestasi itu merupakan buah dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Agam ber­sama Universitas Mu­hammadiyah Sumatera Barat yang melakukan pendampingan secara in­tens beberapa waktu te­rakhir dan empat bulan kedepan.

“Kami sangat bangga dan akan berusaha terus membantu perjuangan pemuda-pemudi Sungai Batang ini. Mengangkat potensi wisata religius dan budaya yang dimiliki se­cara maksimal. Dukungan semua pihak jelas sangat kita butuhkan,” ujar Han­dria.

Sementara itu, Wakil Rektor III UM Sumbar, Muhammad Abdi menga­takan, banyak pihak yang ikut serta membantu da­lam mensukseskan se­jumlah Nagari di Agam berkompetisi dalam a­jang ADWI 2021 ini. “Na­mun keberuntungan di­peroleh Nagari Sungai Batang. Mungkin ada ke­unggulan tersendiri dari Kampung Kelahiran Bu­ya Hamka ini. Sehingga berhasil lolos 50 no­minasi A­nu­grah De­sa Wisata Indonesia 2021 ini,” terang Handria. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional