Close

Sumdarsin di Sijunjung Efektif, Capaian Vaksin Tembus 7.072 dalam Sehari

DAPAT HADIAH— Masyarakat yang ikut vaksin mendapat hadiah undian sepeda gunung yang diserahkan langsung oleh Kapolres Sijunjung dan Dandim 0310/SS pada kegiatan Sumdarsin, Sabtu (30/10).

SIJUNJUNG, METRO–Ribuan masyarakat Sijunjung berbondong-bondong datang untuk mengikuti  kegiatan Sumbar Sadar Vaksin (Sum­dar­sin). Tingginya ani­mo masyarakat iku­ti vaksinasi Co­vid-19 menandakan suksesnya ke­gia­tan Sumdarsin di Sijunjung, lantaran me­lebihi jumlah yang ditargetkan.

Kegiatan Sum­dar­sin di Sijun­jung digelar di 14 titik yang tersebar pada delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijun­jung secara serentak, dipu­sat­kan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas, Muaro Si­junjung pada Sabtu (30/10).

Benny Dwifa Yuswir Bupati Sijunjung dan IraddatillahWakil Bupati Sijunjung.

Di Sijunjung, percepatan serapan vaksin  melibatkan semua pihak mulai dari pemerintah daerah bersama, Polri, TNI, Kejaksaan dan seluruh unsur Forkopimda hingga ketingkat pemerintah nagari dan masyarakat. Dalam waktu satu hari, setidaknya sebanyak 7.072 masya­rakat di Sijunjung ikut vak­sin pada kegiatan Sumdarsin tersebut.

Dengan jumlah tersebut capaian vaksin di Sijunjung hingga Sabtu (30/10) naik menjadi 39,8% dosis I dan 21,3% vaksin dosis II atau sebanyak 73.623 ma­sya­rakat Kabupaten Sijunjung sudah divaksin, dan 39.833 yang sudah melakukan vaksin dosis II. Jumlah tersebut merupakan persentase dari total sasaran target vaksinasi di Kabupaten Sijunjung berjumlah 185.088 orang.

Pelaksanaan Sumdarsin di Sijunjung dinilai efektif untuk mengejar capaian vaksin. Bahkan melebihi target yang ditetapkan dari sebanyak 3.200 dan berhasil mencapai 7.072 orang yang ikut vaksin dalam sehari.

Sumdarsin diadakan bertujuan untuk mendong­krak persentase capaian vaksin di Sumbar, khususnya di Kabupaten Sijunjung. Vaksin bertujuan untuk meningkatkan herd immunity di tengah masya­rakat untuk mencegah pe­nye­baran Virus Corona atau Covid-19.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menjelaskan, tingginya capaian vaksin akan mempengaruhi kekebalan imunitas di tengah masyarakat, sehingga diharapkan mampu menekan angka penambahan kasus dan dampak yang ditimbulkan akibat Covid-19 terhadap kesehatan.

“Kegiatan Sumdarsin ini sebagai upaya untuk percepatan vaksin kepada masyarakat kita di Sijunjung. Alhamdulillah ma­sya­rakat begitu antusias untuk mengikutinya. Kita berusaha agar capaian  vaksinasi di Sijunjung bisa mencapai angka 70% pada Desember nanti,” tutur Benny Dwifa.

Bupati juga menekankan bahwa, vaksin aman dan halal sehingga masya­rakat tidak perlu khawatir. “Vaksin ini demi kebaikan kita bersama, membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) di tengah ma­syar­a­kat dari penyebaran Covid-19 dan demi kesehatan kita bersama. Vaksin aman dan halal,” tegas Bupati Sijunjung.

Dikatakannya, vaksin berhubungan erat dengan pelaksanaan pembangu­nan daerah. “Kita sudah mera­sakan banyaknya ke­gia­tan pembangunan dan aktivitas sosial yang ter­gan­ggu akibat Pandemi Covid-19 melanda. Tentunya kita tidak ingin kondisi seperti itu berlanjut, karena masih banyak kegiatan pembangunan yang harus kita lakukan demi kemajuan Sijunjung yang kita cintai,” sebut Benny.

Masyarakat yang ikut vaksin juga berkesempatan mendapatkan hadiah melalui undian. Hadiah yang disediakan pun beragam seperti, kulkas, me­sin cuci, tv, sepeda gunung hingga sepeda motor Honda.

Kegiatan itu juga dihadiri Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, Dandim 0310/SS Letkol Inf Endik Hendra­san­di, Kajari Efendri Eka Sa­putra dan unsur Forkopimda lainnya. Wakil Rektor II Unand, Prof Dr. Wirsma Arief, Sp. Bk. Onk, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan, Ketua TP-PKK Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa dan jajaran OPD di Pemkab Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi menjelaskan, untuk mempercepat pelaksanaan Vaksin kepada ma­s­yarakat perlu dilakukan terobosan agar mas­yara­kat sadar pentingnya me­ngikuti Vaksin.

“Gebyar Sumdarsin ini sangat bagus, tujuannya untuk meningkatkan motivasi masyarakat untuk divaksin. Dalam mensuksekan kegiatan ini kita bersama Pemda dan seluruh Forkopimda bersinergi agar capaian vaksin di Sijunjung bisa  maksimal,” ungkap Kapolres Sijunjung.

“Semoga progres ini terus meningkat  pesat, maka dari itu kita butuh kerja keras dan gebrakan baru agar capaian vaksin di Sijunjung sampai 100 persen dalam waktu beberapa bulan kedepan,” sebut Kapolres.

Pemkab Sijunjung juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menambah vaksinator diantaranya dengan Rumah Sakit Universitas Andalas, Polres Sijunjung, Kodim 0310/SS dan pihak lainnya untuk mensukseskan kegiatan Sumdarsin. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top