Close

Sumbar Tak Masuk, 13 Provinsi Capaian Vaksinasinya sudah 70 Persen

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes).

JAKARTA, METRO–Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ha­nya baru 13 provinsi di Indonesia yang vaksi­nasi Covid-19 dosis per­tama mencapai target 70 persen.

Menurut Budi, 13 pro­vinsi yang mencapai target 70 persen adalah DKI Jakarta, Bali, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Kali­man­tan Timur, Nusa Teng­gara Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Kali­mantan Utara, Sulawesi Utara, Jambi, dan Banten.

“Kalau kita lihat baru 13 provinsi yang mencapai target,” ujar Budi Gunadi Sadikin saat rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (14/12).

Budi menuturkan, pro­vinsi Jambi dan Banten adalah yang terbaru pada Desember 2021 mencapai 70 persen target vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Sementara menurut Budi, ada enam provinsi yang belum mencapai vaksinasi dosis pertama 70 persen. Itu adalah, Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Jawa Barat.

“Itu adalah provinsi-provinsi yang populasi banyak namun belum berhasil mencapai angka 70 persen vaksinasi dosis pertama,” katanya.

Budi menegaskan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan terus me­nge­carkan vaksinasi ke pro­vinisi-provinsi yang target vaksinasi Covid-19 dosis pertama belum 70 persen.

Karena itu, untuk me­nge­carkan vaksinasi tersebut, Kemenkes terus berkoordinasi dengan Polri, TNI, dinas kesehatan, dan juga kepala daerah.

“Sekarang kami terus berkordinasi dengan kepala daerah dinas-dinas kesehatan, terus berkordinasi dengan Kapolri dan Panglima TNI untuk aklerasi bagi provinsi yang relatif ren­dah cakupan dosis vaksinasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku memasang target pada akhir tahun 2021 ini seluruh provinsi rata-rata sudah mencapai 70 persen vaksinasi dosis per­tama (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top