Close

Sumbar Dorong OPD Belanja di SMK

AKTIVITAS SISWA — Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat meninjau hasil produk-produk yang dihasilkan siswa SMK N 8 Padang, Senin (15/11).

PADANG, METRO–Pemerintah Sumatera Barat mendorong Organi­sa­si Perangkat Daerah (OPD) untuk membeli produk hasil produksi siswa di Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk dukungan terhadap upaya mening­katkan kualitas pendidikan.

“Produk yang dihasilkan siswa di SMK seperti mobiler atau kerajinan kayu, kera­jinan logam, batik hingga busana memiliki kualitas yang cukup bagus. Agar siswa terpacu untuk terus meningkatkan kualitas, pe­merintah perlu memberikan dukungan nyata, salah satu­nya dengan berbelanja pro­duk yang dihasilkan SMK,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat meninjau hasil produk yang diha­silkan siswa SMK N 8 Pa­dang, Senin (15/11).

Ia memahami salah satu kendala sehingga OPD tidak bisa berbelanja pro­duk siswa SMK adalah ti­dak tersedia dalam aplikasi belanja online yang dikem­bangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Ba­rang/Jasa Pemerintah Pe­merintah (LKPP) atau biasa disebut E Katalog.

Karena itu ke depan, produk yang dihasilkan oleh SMK tersebut juga diupayakan masuk dalam aplikasi tersebut sehingga bisa diakses oleh peme­rintah.

“Kita tengah me­ngu­payakan produk lokal ber­basis UMKM atau lem­baga pendidikan bisa masuk E Katalog sehingga akan men­dorong penyedia un­tuk me­ningkatkan kualitas produk­nya terus-menerus sesuai permintaan pasar,” ujarnya.

Mahyeldi menyebut mampu meningkatkan kua­litas sesuai permintaan pasar adalah salah satu faktor yang dimiliki lulusan SMK sehingga saat lulus bisa langsung diterima di dunia kerja atau malam membuka usaha sendiri.

“Kepala SMK harus me­miliki visi yang sama ka­rena kinerjanya dilihat dari seberapa banyak lulu­san sekolah itu diterima di du­nia kerja,” ujarnya.

Sementara upaya me­m­asukkan produk dalam E Katalog dilakukan, ia me­minta Dinas Pendidikan Sumbar untuk membantu menyiapkan outlet untuk pemasaran produk siswa SMK sehingga bisa diakses oleh masyarakat luas.

Sementara itu Kabid Pembinaan SMK Dinas Pen­didikan Sumbar, Raymon mengatakan sekolah terus berupaya melakukan tero­bosan untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Untuk SMK yang memproduksi produk tertentu seperti SMK N 8 malah telah berkerja­sama dengan situs jual beli online. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top