Close

Suku Melayu, Caniago dan Tanjung di Bungo Pasang Hibahkan Tanah untuk Jalan Baru

JALAN BARU— Inilah tanah yang dihibahkan oleh tiga kaum di Bungo Pasang, Kototangah untuk pembukaan jalan baru kepada Pemko Padang, yang mulai dikerjakan dan ditinjau Minggu (6/6).

BUNGO PASANG, METRO–Wali Kota Padang Hen­dri Septa tak mampu me­na­han rasa syukurnya atas dukungan penuh yang dili­hatkan seluruh elemen dan masyarakat di Kota Pa­dang, khususnya dalam me­nyuk­seskan pelaksa­naan kegiatan Manunggal Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di tahun 2021 ini.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang kita menyam­but baik pelaksanaan Ma­nunggal BBGRM di Kota Pa­dang, seperti salah satu­nya di RT 02 RW 01, Ke­lurahan Bungo Pasang, Ke­camatan Kototangah ini,” ungkap wako sewaktu me­nin­jau pelaksanaan Ma­nunggal BBGRM berupa pembukaan jalan baru se­luas 4×600 meter2 itu, Ming­gu (6/6).

Tak hanya itu, Hendri juga mengapresiasi atas adanya penyerahan lahan tanah ulayat yang dihibah­kan warga setempat terdiri dari kaum tiga suku yakni Suku Melayu, Caniago dan Tanjung.

Surat pernyataan atas wakaf tanahnya pun te­ngah dipersiapkan oleh Ma­mak Kepala Waris (MKW) dari 3 suku itu untuk segera dapat dihibahkan secara resmi kepada Pem­ko Padang.

“Keluarga besar dari tiga suku di RT 02 RW 01 ini telah sepakat menghibah­kan lahan tanah ulayat yang mereka miliki untuk pem­buatan jalan baru se­ba­gai akses jalan kepen­tingan umum bagi masya­rakat. Kita tentu berterima kasih banyak kepada kaum 3 suku ter­sebut. Begitu juga ke­pada seluruh warga dan ele­men masyarakat di sini yang bersama-sama men­du­­kung pembua­tan  ­jalan ba­ru ter­sebut,” imbuh Wa­ko.

Hendri berharap de­ngan adanya pembukaan akses jalan itu akan dapat menjawab hara­pan warga setempat yang sering mengeluhkan akses jalan keluar masuk di kawa­san tersebut selama ini.

“Warga yang tinggal di daerah ini cukup banyak. Tapi akses untuk kenda­raan roda empat belum ada, bahkan ketika hujan lebat jalan setapak ter­sebut susah untuk dilalui. Untuk itu, semoga dengan dibuka dan dibangunnya akses jalan yang meng­hubungkan beberapa da­erah di kawasan ini, insya Allah akan memberikan kemajuan bagi warga dan daerah ini nantinya. Teru­tama untuk sektor pere­konomian,” harapnya.

Wako Hendri juga me­nyam­paikan harapan se­moga apa yang dilihatkan keluarga besar dari 3 suku di RT 02 RW 01 Kelurahan Bungo Pasang dapat meng­inspirasi warga mas­yara­kat atau kaum persukuan lain­nya di Kota Padang untuk melakukan hal seru­pa.

“Mari kita jadikan hal ini sebagai suri tauladan, ka­rena demi kepentingan umum kita harus saling memberikan yang terbaik. Apabila kita semuanya sa­ling mendukung dan saling berbagi kepedulian, maka insya Allah, kota yang kita cintai ini akan semakin baik, maju dan lebih sukses lagi hingga masa-masa menda­tang,” pungkas wa­ko.

Adapun seperti terlihat di lokasi, sejumlah warga dan seluruh elemen terkait tengah berjibaku mela­ku­kan gotong-royong untuk pelaksanaan pembukaan jalan baru tersebut. Saat itu tengah dilakukan penger­jaan pengerasan dan pem­bentukan badan jalan. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top