Close

Suku Jambak Makan Bersama dengan Perantau

makan bersama—Masyarakat suku jambak, Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman, makan bersama dengan para perantau. (hendra/posmetro)

PADANGPARIAMAN, METRO – Hari Raya Idul Fitri selalu dinanti oleh masyarakat muslim. Pasalnya momen tersebut dimanfaatkan, bersilaturahmi ke kampung halaman. Hal ini yang dilakukan oleh warga suku jambak, Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman. Selain bersilaturahmi dengan sanak keluarga dikampung, para perantau juga berziarah ke makam.

Menurut salah seorang tokoh setempat, Labai (40 tahun), mengatakan kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun. “Kegiatan ini dilakukan setiap lebaran kedua, selain bersilaturahmi dengan keluarga di kampung, para perantau juga berziarah sekaligus membersihkan kuburan yang ada di suku jambak,”katanya saat diwawacari, Kamis (9/6).

Ia juga menambahkan selain membersihkan pemakaman, para pemudik juga membantu untuk penggalangan dana di surau (tempat ibadah) suku jambak.

“Surau yang kesehariannya digunakan masyarakat setempat, untuk beribadah perlu direnovasi. Pasalnya ada beberapa bagian yang perlu ditambah dan diperbaiki, karena kas tidak mencukupi makanya pengurus meminta, bantuan dana ke para perantau,” tambahnya.

Sementara itu salah seorang perantau asal Kota Padang, Reno Dwi (25 tahun), mengaku hampir setiap tahun mengikuti kegiatan ini.

“Saya dan keluarga hampir setiap tahun mengikuti kegiatan ini, orang tua saya di makamkan disini, Sekaligus untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga di kampung,” ujarnya. Usai membersihkan kuburan, masyarakat suku jambak bersama perantau, langsung makan bersama bersama. (cr1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top