Menu

Sukseskan Program Menanam, ”Sisipi Tanaman yang Mati”

  Dibaca : 53 kali
Sukseskan Program Menanam, ”Sisipi Tanaman yang Mati”

AGAM, METRO – Untuk memberikan kestabilan tanah di kecamatan yang selama ini menjadi langganan longsor Camat Malalak melakukan penyisipan tanaman di sepanjang jalur Simaka yang ditanam pada bulan yang lalu. “Bagi tanaman yang kita tanam pada bulan yang lalu ada yang mati maka penyisipan terus kita lakukan walaupun pada bulan suci Ramadhan. Hal ini terus kita lakukan demi mensukseskan program menanam yang dicanangkan Bupati Agam,” ungkap Camat Ricky Eka Putra, Rabu (15/5).

Ricky menuturkan, banyak mamfaat yang didapatkan dari program menanam ini yakni Menghasilkan Oksigen Untuk Bernafas dimana Fungsi utama dari pohon adalah untuk menghasilkan oksigen yang berguna untuk manusia bernafas. Kamu pasti pernah merasakan ketika sedang berjalan dan sinar matahari sedang terik-teriknya, jika kamu menemukan pohon pasti kamu akan berteduh untuk sementara.

Kemudian menyerap karbonmonoksida, selain menghasilkan oksigen untuk hidup manusia, manfaat dari pohon juga adalah untuk menyerap karbondioksida atau CO2. Karena memang berkebalikan dengan manusia, pepohonan bernafas dengan menyerap CO2 dan melepaskan oksigen (O2)

Untuk itu butuh 96 batang pohon untuk menyerap CO2 yang dihasilkan satu orang dalam waktu satu tahun. Selain itu, pohon juga berfungsi untuk menyerap bau dan gas polutan, serta menyaring partikular-partikular dari udara menggunakan daun dan kulit mereka.

Camat melanjutkan melindungi tempat tinggal satwa pasti pernah mendengar berita tentang banyaknya binatang liar yang tiba-tiba datang ke perumahan tanpa sengaja. Hal itu terjadi karena para satwa liar ini secara perlahan mulai kehilangan hutan yang menjadi tempat tinggal mereka untuk mencari makan, sehingga mereka tersasar hingga ke pemukiman warga.

“Dengan kamu menanam pohon, secara perlahan kamu berpartisipasi dalam mengembalikan ekosistem satwa liar yang tinggal di lingkungan tempat tinggal kita.tidak itu saja sebagai sumber makanan. Berbagai macam pohon buah-buahan maupun sayur-sayuran dapat tumbuh dengan baik tidak hanya di hutan tapi juga perkarangan rumah kamu dengan luas tanah yang cukup. Untuk membuktikan, kamu dapat melempar biji buah tertentu seperti nangka atau papaya. Atau bisa juga menancapkan batang singkong di tanah,” ujar Ricky.

Asal rajin disiram, biji tersebut akan tumbuh menjadi tunas pohon dan batang singkong dapat tumbuh menjadi pohon dalam waktu beberapa pekan berikutnya. Hal ini pernah dikisahkan di lirik lagu Kopi Susu milik Koes Plus. Lirik tersebut berbunnyi “Tongkat kayu dan batu jadi tanaman,”.

Dari hasil pohon tersebut dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu sehari-hari, baik itu untuk dikonsumsi oleh keluarga maupun menjadi sumber ekonomi keluarga dengan cara menjualnya.

Di samping itu dengan menanam pohon juga bisa menyimpan cadangan. Bagaimana bisa pohon dapat menjadi tempat menyimpan air? Karena pada saat hujan turun pasti akan masuk ke dalam tanah. Pohon yang ada di sekitar akan langsung menjadi tempat penyimpanan air yang diresap oleh tanah melalui akar-akar pohon. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional