Menu

Sukses Wujudkan Peningkatan Tata Kelola Pembangunan dan Keuangan, Wako Pariaman Terima Penghargaan BPKP

  Dibaca : 83 kali
Sukses Wujudkan Peningkatan Tata Kelola Pembangunan dan Keuangan, Wako Pariaman Terima Penghargaan BPKP
TERIMA PENGHARGAAN—Wako Genius Umar menerima penghargaan BPKP.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar Terima Peng­hargaan dalam penca­pai­an Kapabilitas APIP Level 3 untuk Inspektorat Kota Pariaman dari Deputi Ke­pala BPKP (Badan Penga­wasan Keuangan Dan Pem­bangunan) Bidang In­vestigasi RI, Agustina A­rum­sari

Walikota dinilai Genius Umar dinilai berhasil se­bagai Kepala Daerah, da­lam mewujudkan pening­katan tata kelola Pem­bangunan dan keuangan di daerah yang dipimpinya.

 Penghargaan ini dite­rima dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pem­bangunan Daerah yang dibuka oleh Gubernur Su­matera Barat, Mahyeldi, dengan mengambil tema Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pem­ba­ngu­nan Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam program ketahanan pangan di wi­layah Sumatera Barat.

 Rakor ini juga diikuti oleh Kepala Satgas KPK RI,  inspektur III irjen Ke­men­dagri, Kepala BPKP Pro­vinsi Sumbar, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Walikota dan Bupati serta Kepala Inspektur se Pro­vinsi Sumatera Barat.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyambut baik Penghargaan ini, kare­na menjadi modal dan pembuktian bagi Kota Pa­ria­man sebagai yang ter­baik dalam hal Akun­ta­bilitas Keuangan daerah yang ada di Provinsi Su­matera Barat.

Katanya, usai mene­rima penghargaan Genius Umar mengatakan bahwa Kapabilitas APIP yaitu ke­mam­puan untuk melak­sanakan tugas–tugas pe­ngawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling ter­kait yaitu kapasitas, kewe­nangan, dan kompetensi SDM APIP, kemudian yang harus dimiliki APIP agar dapat mewujudkan peran APIP secara efektif.

Lebih lanjut ia men­jelaskan bahwa dengan telah diperolehnya Kapa­bilitas APIP level 3 ini, berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kota Pariaman telah sang­gup melakukan penilaian tentang efisiensi, efek­tivitas, dan ekonomis ter­hadap suatu kegiatan, begi­tupun dengan kemampuan memberikan konsultasi pada tata kelola, mana­jemen risiko, dan pengen­dalian internal.

“Kami berkomitmen untuk menjadikan peme­rintah Kota Pariaman yang bersih, good goverment dan clean government, sehingga kita terhindar dari tindak korupsi yang merugikan negara dan da­e­rah, serta menciptakan pembangunan yang efektif dan efisien demi kesejah­teraan masyarakat kita,” tuturnya.

Selain itu Genius Umar juga mengungkapkan bah­wa saat ini Kota Pariaman telah menjelma menjadi Kota yang diperhitungkan di bidang pariwisata mau­pun inovasi daerah, baik di Sumatera Barat, regional, nasional dan inter­na­sio­nal.

Lulusan S3 IPB ini juga sangat konsen dalam me­wujudkan ketahanan pa­ngan di daerah yang dipim­pinnya.  “Kota Pariaman telah memulai program Zero Lahan Tidur, dengan mengaktifkan Petani mi­lenial dan mubaligh ber­tani, sehingga kita harap­kan dengan meningkatnya produksi pertanian kita, akan tercipta ketahanan pangan di daerah kita, dan peningkatan ekonomi ma­syarakat,“ tutupnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional