Close

Sukses Terapkan Sistem Merit, Kabupaten Agam Terima Anugerah dari KSN

TERIMA PENGHARGAAN— Bupati Agam Dr H Andri Warman, MM menerima penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) lantaran dinilai sukses menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen ASN.

AGAM, METRO–Dinilai sukses menerapkan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negera (ASN), Peme­rin­tah Kabupaten Agam melalui Bupati Dr H Andri War­man, MM diganjar anugerah oleh Komisi Aparatur Si­pil Negara (KASN), Selasa (7/12).

Informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Agam, Rahmad Lasmono. Dikatakannya, Ka­bu­paten Agam dinilai berhasil menerapkan Manajemen ASN berbasis Kompetensi dan Kinerja dengan kategori baik.

“Penghargaan inilah adalah bukti atau pengakuan tertulis terhadap kinerja atau prestasi yang dilaksanakan oleh sebuah instansi atau pemerintah daerah,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan, penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM dari Ketua KASN, Prof Agus Pramusinto, MDA. Selain Kabupaten Agam, satu pemerintah kabupaten dan satu pemerintah kota di Provinsi Sumatera juga menerima anugerah yang sama.

“Di Sumatra Barat, anu­gerah meritokrasi hanya diperoleh tiga daerah pemerintahan, terdiri dari dua pemerintahan kabupaten dan satu pemerintan kota,” sebut Rahmad Lasmono.

Rahmad menjelaskan, Sistem Merit merupakan sistem terpadu, yang dimulai dari perencanaan kebutuhan, pengadaan, pe­ngem­bangan karier, promosi dan mutasi, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin perlindungan dan pelayanan serta sistem informasi ASN.

“Sehingga pegawai ASN menjadi terlindungi karier mereka dari politisasi dan kebijakan yang ber­tentangan dengan prinsip merit, seperti nepotisme dan primordialisme,” terangnya.

Atas penghargaan ter­sebut lanjutnya, Bupati Agam menyatakan rasa syukur dan berterimakasih atas penghargaan yang diberikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kita berharap dengan penghargaan ini bisa memotivasi pemerintahan menutupi pembicaraan miring tentang manajemen pemerintahan,” ujar­nya.

Diketahui bulan lalu, Kabupaten Agam juga menerima penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di ajang BKN Award. Kabupaten Agam menerima award kategori kabupaten tipe A peringkat III.

“Penghargaan itu sehubungan dengan implementasi penilaian kinerja, yang diserahkan oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana,” ujar Kepala BKPSDM Agam, Budi Prawira Negara. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top