Menu

Sukses Gelar TdS Etape IX, Tim Pusat Tawarkan Tour de Mandeh

  Dibaca : 130 kali
Sukses Gelar TdS Etape IX, Tim Pusat Tawarkan Tour de Mandeh
Bupati Pessel H.Hendrajoni mengalungkan hadiah

Sukses menggelar Finish Etape VIII Sungai Penuh – Pessel dan Etape IX Pessel – Padang, di kawasan wisata Pantai Carocok Painan, Minggu (10/11), melalui kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan. Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan tantangan tim TdS pusat untuk menggelar event Tour de Mandeh (TdM). Balutan penampilan seni budaya Pesisir Selatan pada seremoni star etape IX di kawasan Wisata Pantai Carocok Painan, semakin menunjukan jika Tour de Mandeh sudah layak untuk digelar di Kabupaten Pesisir Selatan, ditambah antusias masyarakat di Pesisir Selatan.

Menjadi lokasi finis etape VIII di kawasan alun – alun Kota Painan Taman Spora, Bupati Pesisir Selatan H.Hendrajoni merasa bangga karena berhasil menjadi tuan rumah dalam balapan sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2019. Atas kerja itu bupati mengucapakan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada panitia daerah dan seluruh lapisan masyarakat.

“Atas nama pemerintah saya mengucapkan terimakasih atas dukungannya dalam menyukseskan gelaran Tds tahun,” kata Bupati H.Hendrajoni.

Bupati menyebutkan selain, dukungan masyarakat diberikan di sepanjang lintasan masyarakat juga antusias menyaksikan dan memberi semangat kepada pembalap. Hal seperti ini patut dipertahankan, terutama bagi Pesisir Selatan yang semakin populer sebagai salah satu daerah kunjungan wisata di Indonesia.

Ia mengungkapkan TdS 2019 ini hampir melewati seluruh kecamatan di daerah setempat kecuali Kecamatan Lunang, Silaut dan IV Nagari Bayang Utara.

“Ini untuk pertama kalinya hampir seluruh kecamatan dilewati pembalap TdS, sebelumnya hanya IV Jurai, Bayang dan Tarusan, semoga ini langkah yang baik untuk mengenalkan keindahan dan keelokan alam Pesisir Selatan ke seantaro dunia,” sebutnya.

Ia menyebutkan, etape 9 akan melewati lajur di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh yang merupakan salah satu objek wisata andalan daerah setempat.

Dengan melintasi kawasan Mandeh, para pembalap akan disuguhi pemandangan wisata bahari yang elok mulai dari perairan yang tenang hingga gugusan pulau-pulau yang indah.

Serta yang tidak kalah penting di kawasan Mandeh terdapat tikungan-tikungan menantang, serta turunan dan tanjakan yang akan menguji kemahiran pembalap. Sementara itu terkait sukses menggelar finish etape VIII di Taman Spora Painan, Sabtu (9/11) dan start etape IX berlokasi di objek wisata Pantai Carocok Painan, Minggu (10/11), Tim TdS Pusat menawarkan Pemkab Pesisir Selatan untuk menggelar event baru yaitu Tour de Mandeh (TdM).

Hal itu tersebut disampaikan Sekda Pesisir Selatan, Ir.Erizon, M.T dalam arahannya pada saat apel gabungan di halaman kantor bupati. Dikatakan, tawaran tersebut disampaikan oleh tim TdS kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, karena mereka melihat keseriusan Pemkab Pesisir Selatan menyelenggarakan finish dan start TdS, sehingga perhelatan itu berjalan sukses.

Selain itu, kata Sekda alasan tim Tds menawarkan event TdM, melihat tingginya antusias masyarakat menyaksikan acara dimaksud, mulai dari selatan hingga utara masyarakat berjubel di pinggir jalan memberikan dukungan kepada pembalap.

“Oleh karena itu, Tim TdS menawarkan Pemkab Pesisir Selatan menggelar iven baru yaitu TdM,” kata Erizon.

Terkait tawaran tersebut, lanjut Sekda Erizon, Pemkab Pesisir Selatan merespon positif. Namun apakah bisa dilaksanakan atau tidak, perlu dikaji lebih lanjut. Pasalnya, tidak berbeda dengan TdS, TdM yang akan mengambil rute Bengkulu-Mandeh itu, nantinya juga bertujuan mempromosikan potensi wisata yang ada, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

 

Sebaliknya, sebut Sekda Erizon, untuk menggelar acara seperti TdM tentu memerlukan anggaran. Sebagaimana diketahui, Pesisir Selatan tahun 2019 ini menjadi tuan rumah finish etape VIII sepanjang 212,9 km (Kota Sungai Penuh-Painan). Kemudian Pesisir Selatan menjadi lokasi start etape IX sepanjang 107,3 km (Pantai Carocok-Pantai Cimpago Padang).

Menurutnya, dua etape TdS itu merupakan tantangan, sekaligus peluang bagi Kabupaten Pesisir Selatan untuk membuktikan kesuksesan sebagai tuan rumah penyelenggara TdS 2019.

Tour de Singkarak (TdS) 2019 juga semakin mempopulerkan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh yang merupakan salah satu objek wisata andalan daerah setempat.

“Dengan masuknya jalan di kawasan Mandeh sebagai rute balapan TdS diharapkan dapat meningkatkan kepopuleran dan kujungan wisatawan ke sana,” katanya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional