Menu

Sukses Bina Kampung Iklim, Pemko Bukittinggi Terima Penghargaan Menteri LHK

  Dibaca : 59 kali
Sukses Bina Kampung Iklim, Pemko Bukittinggi Terima Penghargaan Menteri LHK
PENGHARGAAN— Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi, Nofrianto CH menerima penghargaan pembinaan Proklim dari Kementerian LHK. (ulfa musriadi/posmetro)

BUKITTINGGI, METRO – Pemerintah Kota Bukittinggi mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dalam pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2019 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Senin (7/10).

Penghargaan itu diterima Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nofrianto CH. Penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar.

Penyerahan penghargaan pada serangkaian dalam acara Festival Iklim Tahun 2019 di Auditorium Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta.

Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi pemerintah daerah yang telah menetapkan kebijakan atau peraturan serta melaksanakan pembinaan untuk mendukung pelaksanaan program kampung iklim (proklim) di wilayahnya dan menjadi kontribusi nyata pemerintah daerah dalam rangka pengendalian perubahan iklim.

Kota Bukittinggi berhak menerima penghargaan karena selama ini giat dalam upaya mendukung pelaksanaan Program Kampung Iklim melalui penetapan regulasi, pembinaan dan pendampingan dalam pengendalian perubahan iklim.

Kebijakan yang telah dikeluarkan berupa Surat Edaran Walikota agar Camat dan lurah melaksanakan program kampung iklim dengan kegiatan pengelolaan sampah, penghijauan, pemanfaatan lahan pekarangan, penampungan air hujan dan menerapkan pertanian organik. Untuk tahun 2019, lokasi yang diusulkan dan diverifikasi oleh kementrian LHK adalah RW 2 kelurahan Gulai Bancah.

Wali Kota Bukittingg Ramlan Nurmatias mengatakan ia merasa bersyukur atas penghargaan yang diperoleh Kota Bukittinggi. Menurutnya perolehan penghargaan tersebut diperoleh karena Pemko Bukittinggi konsisten dalam mendorong Program Kampung Iklim yang diterapkan selama ini.

“Proklim merupakan suatu kegiatan yang memberikan pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang perubahan iklim dengan melakukan aksi nyata, adaptasi, dan mitigasi dalam menghadapi variabilitas iklim serta dampak perubahan iklim,” pungkasnya. (u)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional