Close

Suir Syam: Edukasi Home Industri

TINJAU—Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian tinjau vaksinasi massal bersama Syuir Syam anggota Komisi IX DPR RI dan BP POM Padang, Minggu (24/10) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.

TANAHDATAR, METRO–Obat, makanan dan kosmetik yang aman merupakan salah satu hal pen­ting yang harus diwujudkan bagi masyarakat. Syarat utama yang harus dipenuhi suatu produk adalah dari segi keamanan, mutu dan kemanfaatan. Untuk me­wu­judkan hal tersebut, maka perlu peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai obat, obat tradisional, makanan dan kosmetik yang aman dan terhindar dari bahan berbahaya yang beresiko bagi kesehatan.

Ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian saat membuka ke­giatan pemberdayaan ma­syarakat melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) bersama tokoh masyarakat dan vaksinasi massal, yang terselenggara berkat kerjasama an­tara Pemda Tanah Datar,  Komisi IX DPR RI dan BP POM Padang, Minggu (24/10) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusang­kar.

Ditambahkan Richi Ap­rian, kegiatan penyuluhan seperti ini merupakan hal yang sangat berguna bagi masyarakat untuk me­ning­katkan pengetahuan mereka terhadap bahaya yang ditimbulkan akibat menggunakan produk atau meng­konsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

“Akhir-akhir ini banyak berkembang berita yang sangat mengkhawatirkan, dimana dipasaran saat ini marak terjadi peredaran obat ilegal, kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, jamu yang mengan­dung bahan kimia obat, yang bila digunakan efek­nya sangat berbahaya,” ujar Richi.

Dikesempatan itu, kepada BP POM Wabup Richi juga menyampaikan saat ini di Tanah Datar juga belum memiliki Loka POM yang akan melakukan inspeksi dan sertifikasi sarana/fasilitas produksi mau­pun distribusi obat dan makanan, sertifikasi  pro­duk, pengujian obat dan makanan hingga  pe­nga­wasan fasilitas kefarmasian.

“Mengingat kebera­daannya yang sangat penting, untuk itu kami berharap BP POM dapat membentuk Loka POM di kabupaten Tanah Datar. Saat ini kami sudah memiliki sarana bangunan yang bisa digunakan sementara, dan kami berharap adanya bantuan bangunan yang representatif serta bantuan pera­latan yang lengkap untuk Loka POM,” kata Wabup Richi.

Sementara anggota komisi IX DPR RI Suir Syam mengatakan pemberda­yaan masyarakat melalui sosia­lisasi, komunikasi, informasi dan Edukasi terkait obat-obatan, kosmetik dan ba­han makanan yang dilaksanakan saat ini sekaitan dengan banyaknya home industri yang ada di Tanah Datar.

Pada kesempatan yang sama Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BP POM) Padang Firdaus Umar menyampaikan terkait dengan keinginan Wabup Richi untuk memiliki Loka POM di kabupaten Tanah, pihak­nya sa­ngat mendukung. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top