Close

Suhatri Bur Ajak Masyarakat Perantau Bersatu Membangun Daerah

SILATURAHMI LEBARAN— Bupati Padangpariaman Suhatri Bur silaturahmi dengan perantau dalam acara Halal Bihalal Nagari Kapalo Hilalang. Terlihat bupati sedang bersalaman.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, mengajak perantau dan masyarakat bersinergi membangun dae­rah.  Suhatri Bur saat itu bersama perantau dan masya­rakat dalam acara Halal Bihalal Nagari Kapalo Hilalang. “Karena itulah kita mengajak perantau dan masyarakat berkolaborasi membangun Kabupaten Padangpariaman,” kata Bupati Padangpa­riaman, Suhatri Bur, kemarin, saat halal bihalal tersebut diadakan di Aula SDN 05 Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam.

“Kunci halal bihalal itu a­dalah silaturrahim, memba­ngun jembatan hati setelah lama tidak bersama atau ja­rang bertemu. Hal ini merupakan langkah awal dalam me­wujudkan kebersamaan. Tentu  sangat besar maknanya halal bihalal ini, apalagi kehadiran perantau bersama ma­syarakat diranah,” ungkap Suhatri Bur.

Ia menambahkan, silatu­rahmi kali ini merupakan momen bagi pemerintah nagari dan daerah untuk menerima manfaat dari para perantau. “Kepulangan para perantau ini juga berkontribusi banyak kepada daerah, dalam bentuk zakat, beasiswa dan pemba­ngunan fisik. Apalagi ada rencana dari Pemerintahan Nagari untuk membangun kantor berserta gedung-gedung lainnya,” ujarnya.

Kemudian, Suhatri Bur me­maparkan program pembangunan Padangpariaman baik yang telah dikerjakan maupun yang masih direncanakan.  “Padangpariaman berjaya itu merupakan visi pemerintah daerah yang artinya unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya. Tentu dengan visi ini akan dapat mewujudkan Padangpariaman lebih baik dan unggul dari dae­rah-daerah lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakannya, perantau dari Nagari Kapalo Hilalang bekerja pada semua profesi, tetapi mayoritas adalah pedagang.  “Kami berharap dengan usaha yang saat ini ditekuni oleh para perantau, ada yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah,” tutur Bupati Padangpariaman itu.

Kata Suhatri Bur, kolaborasi tersebut menjadi kekuatan tersendiri untuk bangkit kem­bali pasca pandemi yang su­dah berlangsung selama dua tahun terakhir. Sebelumnya, Ketua Panitia Halal bihalal, Syafrimen melaporkan, tujuan dilaksanakannya halal bi halal ini untuk menjalin hubungan yang erat dan harmonis an­tara masyarakat dinagari de­ngan perantau serta pemerintah daerah.

Salah satu rencana besar yang sedang disiapkan adalah membangun kantor Pemerintah Nagari beserta kantor-kantor lainnya seperti Bamus dan KAN. Tentu rencana ini sulit terwujud tanpa adanya kebersamaan dan kegonto­royongan masyarakat dan perantau,” jelas Camat 2 x 11 Kayu Tanam.

“Dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah disu­sun, untuk pembangunan 3 (tiga) unit kantor ini dibutuhkan dana sebesar Rp.12 Milyar. Untuk itu dibutuhkan bantuan dan partisipasi semua pihak, terutama anak nagari Kapalo Hilang, baik diranah maupun dirantau,” tam­bah­nya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top