Menu

Sudirman Rajo Intan jadi Mamak Kapalo Paruik Suku Tanjung Puti

  Dibaca : 67 kali
Sudirman Rajo Intan jadi Mamak Kapalo Paruik Suku Tanjung Puti
PELEWAAN— Sudirman Rajo Intan dilewakan jadi Mamak Kapalo Paruik dalam Suku Tanjung Puti, Jumat (2/4) oleh Ketua LKAAM Sumbar, M. Sayuti Rajo Penghulu.

PILAKUIK, METRO
Sudirman Rajo Intan resmi dilewakan jadi Mamak Kapalo Paruik dalam Suku Tanjung Puti, Jumat (2/4). Pelewaan gala itu dilaksanakan Ketua LKAAM Sumbar, M. Sayuti Rajo Penghulu.

Ketua LKAAM Sumbar, M. Sayuti mengucapkan selamat kepada Sudirman Rajo Intan yang memangku jabatan sebagai Mamak Kapalo Paruik dan meminta amanah itu dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Saya atas nama pribadi ingin fungsi dan peran sebagai Mamak Kapalo Paruik diterapkan maksimal dan bisa memelihara anak kemanakan yang ada,” paparnya.

Dalam menjalankan amanah lanjutnya tugas Mamak Kapalo Paruik adalah manampuh jalan yang lurus, menjaga harta pusaka.

Selain itu, sebagai Mamak Kapalo Paruik perannya juga mengamalkan adat basandi syarak syarak hasandi kitabullah (ABS-SBK) dan ia pemimpin dalam paruiknya.

“Pemimpin dalam kaum itu adalah gadangnya dianjung tinggi diamba gadang,” sebutnya.

Sudirman Rajo Intan yang dilewakan sebagai Mamak Kapalo Paruik akan menjaga amanah ini dengan baik dan meminta dukungan semua pihak dalam menjalankan program yang ada. Agar realisasinya maksimal dan kekurangan dapat dievaluasi ke depan.

“Sinergisitas semua pihak harus ada,” paparnya.

Sementara itu, Panungkek Panghulu Kapalo Paruik, Zulhendri Ismed mengatakan dasar tagak gala ialah dari kaum yang V Jurai dalam Suku Tanjung serta hasil musyawarah mufakat dari tokoh masyarakat dan niniak mamak yang ada.

“Kita berhsrap persoalan yang terjadi di kaum nanti, dapat diselesaikan secara bersama dan saling saiyo sakato dalam segala hal,” ucap Sekretaris KAN ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional