Menu

Studi Tiru FWP DPRD Sumbar ke DPRD Yogyakarta, Pemanfaatan Medsos yang Bijak Sangat Efektif Menunjang Tugas Kedewanan

  Dibaca : 199 kali
Studi Tiru FWP DPRD Sumbar ke DPRD Yogyakarta, Pemanfaatan Medsos yang Bijak Sangat Efektif Menunjang Tugas Kedewanan
STUDI TIRU--Forum Wartawan Parlemen (FWP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar saat melakukan Studi tiru ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain menjalin kerja­sama dengan berbagai media massa, meman­faat­kan Medsos sebagai sa­rana penyampaian infor­masi kegiatan kegiatan kedewanan  merupakan salah satu bentuk program  yang dilakukan oleh Sekre­triat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam menunjang tugas-tugas kedewanan sehingga de­ngan mudah diketahui ma­syarakat luas.

Pemanfaatan berbagai Medsos, baik Facebook, Youtube, Instagram, Lin­kedin, Twitter, Whatsapp  dan Tik Tok dalam menun­jang tugas kedewanan ini disampaikan Sekretariat DPRD DIY, melalui Kepala bagian Humas dan Pro­tokol Pujiati dan Kasubag Humas dan Masyarakat Pat Nu­graha, pada saat menerima kunjungan se­jumlah jurnalis yang terga­bung dalam Forum War­tawan Parlemen (FWP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pro­vinsi Sumbar yang sedang me­lakukan Studi tiru ke DPRD Daerah Istimewa Yog­ya­­karta.

Menurut Pujiati, meski penggunaan Medsos ber­sifat pribadi, namun seti­daknya sangat efektif men­dukung tugas-tugas kede­wanan jika dilakukan de­ngan dan bijak dan benar. “Seperti unggahan foto atau narasi, terkait tugas kedewanan merupakan salah satu bentuk bahan pertanggungjawaban ki­nerja dewan terhadap ma­sya­rakat. Khususnya ter­hadap konstituen,” ung­kap­nya.

Kunjungan kerja ke luar daerah menjadi salah satu ketugasan dewan dalam rangka menjalankan ama­nat sebagai wakil rakyat. Baik dalam bentuk  studi banding, bimbingan teknis, konsultasi untuk menam­bah wawasan dan infor­masi terkait pembuatan produk hukum.

“Dengan begitu, sebe­lum produk hukum ditetap­kan dan disosialisasikan, masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi lebih cepat melalui akun medsos yang dimiliki oleh Sekretariat.,” terang Pu­jiati.

Agar penggunaan Med­­sos tidak menyimpang, maka dalam melaksanakan program publikasi tugas kedewanan melalui ber­bagai media sosial ter­sebut  Sekretariat DPRD DOY menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang prosesional.  Sehingga penggunaan medsos se­layak­nya dan sesuai de­ngan porsinya.

“Bahkan dengan SDM yang disiapkan,  terkadang mereka bisa memberikan jawaban atas pertanyaan masyarakat secara lang­sung tanpa harus menung­gu anggota dewan yang bersangkutan,” jelasnya.

Studi tiru jurnalias yang tergabung dalam FWP DP­RD Sumbar tersebut  difa­silitasi oleh Sekretariat DPRD Sumbar dan dipim­pin Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Ma­sya­rakat (Humas), Protokol dan Publikasi DPRD Sum­bar, Laswardi.

Laswardi menyam­pai­kan, kedatangan anggota FWP DPRD Sumbar ini i­ngin melakukan sharing informasi dengan Sekre­tariat DPRD DIY terkait pola kerjasama yang dila­kukan DPRD DIY selama ini dengan media-media  yang selama ini menjadi mitra dalam penyampaian infor­masi terkait kegiatan atau program kedewanan yang ada di DPRD DIY.

Dalam pertemuan ter­sebut Laswardi memper­kenalkan sejumlah jurnalis dan media masing masing, yang ikut dalam kegiatan studi tiru yang dilak­sa­nakan sejak tanggal 22-25 Juni 2021, serta sejumlah anggota sekretariat yang dalam rombongan

“ Kami memilih DPRD DIY sebagai daerah kunu­ngan karena DIY lebih ma­ju dan lebih berkembang dalam pengelolaan infor­masi dan publikasi. Karena itu, kita ingin masukan atau sharing informasi seperti apa pola dan sistim publi­kasi yang dilakukan Sekre­tariat DPRD DIY,  baik melalui media massa mau­pun media sosial yang ada , sehingga,  kualitas pem­be­ritaan kita di DPRD Sum­bar ke depan lebih baik lagi,” ungkap Laswardi.

Menurutnya, peran me­dia dalam mempubli­kasi­kan kegiatan DPRD sangat penting sekali.  Dengan melakukan publikasi di me­dia, kerja keras DPRD se­cara sangat terbantu, se­hingga dengan mudah dan cepat masyarakat bisa mengetahui fungsi dan tugas serta kinerja dewan.

Sementara itu, dalam sambutannya,  Pujiati me­nyam­paikan apresiasi ter­hadap jurnalias yang ber­tugas di DPRD Sumbar bersama pihak sekretariat yang telah memilih DPRD DIY sebagai lokasi kun­jungan­nya.

Katanya, selain peng­gunaan media sosial ada berbagai program lainnya yang diterapkan dalam hal membangun kerjasama yang baik dengan pers khususnya jurnalis yang bertugas di lingkungan DPRD DIY. “Kami melaku­kan kerja sama dengan media melalui beberapa program yang mewadai kegiatan publikasi,” kata­nya.

Beberapa program ter­sebut, seperti kegiatan jum­pa pers. “ Dengan me­la­kukan jumpa pers pimpi­nan atau anggota dewan bisa lang­sung menyam­paikan hal-hal yang di­anggap penting de­ngan mengundang media,” je­las­nya.

Kemudian, forum dis­kusi wartawan, kegiatan ini juga menghadirkan nara­sum­ber yang kompeten dibidangnya membahas sebuah masalah yang di­nilai mendesak. Dari hasil diskusi itu, menjadi reko­men­dasi pada eksekutif untuk mengatasi perma­salahan yang dibahas.

“Banyak lagi kegiatan kegiatan dalam bentuk kerjasama dengan media dalam hal membangkitkan semangat positif sesuai dengan penugasan ma­sing-masing tanpa me­ngurangi indenpendensi teman teman wartawan, jelasnya.

Terakhir Laswardi me­ngu­capkan terimaksih atas sambutan yang dilakukan pihak DPRD DIY dan infor­masi yang diberikan. Ia berharap, kunjungan ter­sebut selain menambah keilmuan bagi wartawan juga menjadi bahan bagi Sekretariat DPRD Sumbar untuk meningkatkan kua­litas pengelolaan informasi dan publikasi, sehingga lebih baik lagi.(*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional