Menu

Striker Jepang Berdarah Indonesia, Riki Matsuda Penerus Irfan Bachdim di J-League

  Dibaca : 726 kali
Striker Jepang Berdarah Indonesia, Riki Matsuda Penerus Irfan Bachdim di J-League
TERUSKAN—Riki Matsuda striker keturunan Indonesia yang meneruskan Irfan Bachdim di Liga Jepang.

JAKARTA, METRO
Striker Jepang berdarah Indonesia, Riki Matsuda, menjadi penerus Irfan Bachdim membela klub Liga Jepang, Ventforet Kofu. Belum ada lagi pemain Indonesia yang berkarier di Liga Jepang setelah Irfan Bachdim.

Suami Jennifer Kurniawan itu tercatat dua musim berkarier di Liga Jepang yakni pada 2015 dan 2016. Pada 2015, Bachdim membela klub J-League 2, Ventforet Kofu setelah ditransfer dari klub Thailand, Chonburi FC.

Ia jarang mendapat kesempatan bermain, hanya mengoleksi 2 penampilan saja selama satu musim. Kemudian di tahun kedua, ia berpindah ke klub J-League lainnya, Consadole Sapporo.

Di klub yang bermarkas di Sapporo, kepulauan Hokkaido itu, Irfan memiliki catatan bermain yang lebih baik, yakni 10 penampilan. Irfan Bachdim juga ikut mencetak 1 assist dan mengantarkan Consadole menjuarai titel J-League 2 pada 2016.

Ia jarang mendapat kesempatan bermain, hanya mengoleksi 2 penampilan saja selama satu musim. Kemudian di tahun kedua, ia berpindah ke klub J-League lainnya, Consadole Sapporo.

Di klub yang bermarkas di Sapporo, kepulauan Hokkaido itu, Irfan memiliki catatan bermain yang lebih baik, yakni 10 penampilan.

Irfan Bachdim juga ikut mencetak 1 assist dan mengantarkan Consadole menjuarai titel J-League 2 pada 2016. Riki Matsuda baru saja didatangkan dari Avispa Fukuoka pada Januari lalu.

Di Avispa Fukuoka, Riki mencetak 18 gol dan 13 assist dalam 110 penampilan. Uniknya selain karena ia membela Ventforet Kofu, Riki juga memiliki garis keturunan Indonesia seperti Irfan Bachdim.

Hal ini diketahui dari unggahan Riki di instagram pada 2 April 2020. Ia mengunggah foto bersama kembarannya, Riku Matsuda semasa kecil dan membubuhkan hashtag serta bendera Indonesia.”Ayah saya orang Indonesia. Dia berasal dari Jawa,” ujarnya saat dihubungi BolaSport. com pada Senin (13/4).

“Saya sering pergi ke Indonesia saat saya ada di sekolah dasar,” tambahnya.

Meski begitu, saat ditanya nama Irfan Bachdim sebagai pesepak bola Indonesia yang pernah memperkuat Ventforet Kofu, Riki tak mengetahuinya. “Tidak, saya tidak mengetahuinya,” ujar pemain berusia 28 tahun itu.

“Saya tak mengetahui apapun (mengenai sepak bola Indonesia). Saya ingin mengetahuinya mulai sekarang,” tambahnya.Riki juga mengaku masih memiliki cita-cita untuk menembus timnas Jepang suatu saat nanti.

Namun Riki juga menyebut pilihan menarik bila ia dapat membela timnas Indonesia. “Saat ini saya masih memiliki cita-cita untuk membela timnas Jepang, tetapi saya pikir juga bagus untuk membela Indonesia sebagai saudara kembar (dengan Riku),” kata Riki.

Saat ini, Liga Jepang juga ditunda seperti liga-liga lain setelah baru memainkan satu pertandingan saja. Liga Jepang seketika ditunda sejak 23 Februari 2020 akibat virus Corona yang sudah memasuki negeri Sakura waktu itu. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional