Menu

Stop Buang Sampah Sembarangan di Sungai, Rumah Warga Dipasang Stiker

  Dibaca : 524 kali
Stop Buang Sampah Sembarangan di Sungai, Rumah Warga Dipasang Stiker
PASANG STIKER—Wawako Hendri Septa menunjukkan stiker larangan buang sampah di sungai, usai launching pemakaian kapal pengumpul sampah di Batang Arau, Rabu (10/2).

BATANG ARAU, METRO
Pemerintah Kota Padang terus berupaya memperhatikan peningkatan kelestarian sungai-sungai di Kota Padang.Salah satunya dengan memasangi rumah-rumah warga dengan stiker peduli sungai agar tidak nyampah sembarangan.

“Stiker tersebut dipasang ke rumah-rumah warga di sepanjang sungai. Ini juga merupakan upaya mengajak semua masyarakat memberikan contoh kepada generasi muda agar senantiasa menjaga lingkungan. Untuk itu atas nama Pemko Padang kita mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini,” ungkap Wawako Padang, Hendri walikota usai melaunching pemakaian kapal pengumpul sampah di kawasan Batang Arau, Rabu (10/2).

Direncanakan, khususnya di Sungai Batang Arau menjadi sungai yang sangat bersih dan jernih. Sehingga bisa menjadi ikon wisata kebanggaan Kota Padang.

“Alhamdulillah, untuk pengembangan Sungai Batang Arau ini kita mendapat dukungan dari mancanegara yakni negara Jerman. Bantuannya akan dihadirkannya seorang tenaga ahli (hydrologist) yang membantu mentransfer ilmu pengelolaan Sungai Batang Arau. Semoga Sungai Batang Arau ini menjadi sungai yang ikonik dan menjadi kawasan wisata sungai unggulan di Kota Padang nanti,” pungkas Hendri Septa. Pada kesempatan ini juga dilaunching penggunaan kapal pengumpul sampah yang akan dioperasikan di Batang Arau yang merupakan sumbangan dari Bank Nagari.

“Alhamdulillah, Pemko Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan jajaran OPD terkait serta pihak pemerintah kecamatan di Padang Selatan sama-sama melaunching sebuah kapal pengumpul sampah yang merupakan dukungan dari program CSR Bank Nagari. Kapal tersebut telah kita terima dan kita ujicobakan langsung. Semoga saja berguna untuk mendukung upaya kita agar selalu dan selalu menjaga kebersihan dan keindahan sungai-sungai di Kota Padang salah satunya Sungai Batang Arau ini,” ungkap dia lagi.

Wawako pun memberikan apresiasi dimana dalam kegiatan tersebut Pemko Padang juga didukung oleh beberapa pihak. Diantaranya seperti Lantamal II Padang, Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Padang, serta elemen terkait dan beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Terutama sekali kita mendapat respon yang baik dari masyarakat sekitar pinggiran Sungai Batang Arau ini terkait kegiatan yang kita lakukan hari ini. Karena memang sungai adalah sumber kehidupan bagi kita manusia dan kita bergantung terhadap sungai tersebut. Maka itu kita tidak boleh mencemari sungai seperti membuang sampah ke sana, karena sungai membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Kalau sungainya kotor, penuh dengan sampah sampah dan limbah tentu tidak baik bagi kesehatab kita semua,” ujarnya.

Sementara itu Kepala DLH Kota Padang Mairizon menyebut sejatinya maksud dan tujuan kegiatan kali ini adalah untuk membangun kesadaran bersama masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah.

“Kita tentu berharap semakin meningkatnya sinergi dari semua pihak dalam mendukung pengelolaan sampah. Begitu juga terwujudnya perilaku masyarakat Kota Padang yang peduli sungai dari hulu sampai hilir sungai,” sebut Mairizon. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional