Menu

Stimulus Listrik Diperpanjang hingga Desember 2021

  Dibaca : 99 kali
Stimulus Listrik Diperpanjang hingga Desember 2021
PT PLN (Persero) memastikan pelanggan sudah dapat memperoleh stimulus ketenagalistrikan yang dianggarkan oleh Pemerintah pada periode September 2021.

WAHIDIN, METRO–PT PLN (Persero) me­mas­tikan pelanggan sudah dapat memperoleh stimulus ketenagalistrikan yang dianggarkan oleh Peme­rintah pada periode September 2021. Direktur Ni­aga dan Manajemen Pe­lang­gan PLN, Bob Saril mengatakan, diskon akan diberikan secara langsung kepada pelanggan.

Bagi pelanggan pasca­bayar, diskon diberikan dengan langsung me­mo­tong tagihan rekening lis­trik pelanggan. Sementara itu, untuk pelanggan pra­bayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

 “Untuk pelanggan pra­bayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token stimulus, baik di website maupun layanan Whats­app Stimulus, karena sti­mulus akan langsung di dapat saat membeli token listrik,” paparnya

 Khusus untuk pembe­basan biaya beban, abone­men, dan pembebasan ke­­ten­tuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara oto­matis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan se­besar 50 persen hanya diberikan untuk biaya be­ban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

 Bagi masyarakat yang ingin memastikan terlebih dahulu apakah dirinya bisa mendapatkan diskon sti­mulus dari PLN dapat dila­kukan melalui Aplikasi PLN Mobile.  Buka Aplikasi PLN Mobile, Pilih Menu Info Stimulus, Masukan ID Pe­lang­gan/Nomor Meter, se­lanjutnya klik kirim.

Kemudian, melalui Web­site PLN.  Buka website https://portal.pln.co.id

Klik “Diskon Stimulus Covid-19”. Masukkan no­mor ID Pelanggan PLN dan kode captcha dan klik “Ca­ri”. Selanjutnya masukkan nomor KTP, nama lengkap sesuai KTP, alamat lengkap sesuai KTP dan kode capt­cha, selanjutnya klik “Sim­pan”.

 Jika pelanggan terma­suk dalam kategori pene­rima diskon listrik, maka akan muncul keterangan besaran diskon yang dibe­rikan. Akan tetapi, apabila pelanggan tidak termasuk dalam kategori penerima diskon listrik, maka akan muncul pemberitahuan bahwa pelanggan tidak mendapatkan diskon.

 Sementara itu, berda­sarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus listrik yang diberikan hingga De­sem­ber 2021, besarannya adalah sebagai berikut Pelanggan golongan ru­mah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan dis­kon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nya­la.

Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 per­sen dengan maksimal peng­gunaan 720 jam nyala. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pem­bebasan ketentuan rekening minimum se­be­sar 50 persen bagi pelang­gan industri, bisnis, dan sosial.

 Total anggaran stimulus program ketena­galis­trikan sepanjang 2021 se­kitar Rp 12, 02 triliun. Sam­pai dengan semester I 2021, realisasi penyaluran stimulus sudah mencapai Rp 6,75 triliun.

 Adapun dalam mem­berikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pe­ngaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore.(ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional