Close

Stadion Berstandar FIFA Mulai Dibangun di Sumbar

Maket Studion Utama Sumbar-posmetroweb

PADANGPARIAMAN, METRO– Harapan masyarakat akan adanya stadion utama (main stadium) Sumbar mulai terwujud. Main Stadium yang berada di Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padangpariaman itu mulai dibangun yang ditandai dengan ground breaking oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kamis (6/8).

Stadion utama senilai Rp800 miliar ini dibangun untuk mewujudkan cita-cita Pemprov Sumbar demi suksesnya Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XXI tahun 2024 mendatang. Jika pembangunan Main Stadium ini rampung, maka akan mampu menampung sebanyak 45 ribu penonton dengan tipe-A berstandar FIFA.

Irwan menyebut, pembangunan ini akan sukses tentunya butuh dukungan dari Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, tokoh masyarakat dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta organisasi cabang olahraga lainnya. Begitu juga dengan dukungan pemerintah kabupaten/kota lainnya, yang juga mendukung pembangunan ini.

Di sisi lain, lahan untuk pembangunan Main Stadium ini kata Irwan, memang belum rampung 100 persen. Maka dengan itu, Pemkab Padangpariaman diminta untuk segera melakukan pembebasannya. Kalau masalah keterbatasan anggaran, untuk pembebasan lahan, Pemprov Sumbar siap menyediakan.

Sedangkan untuk jalur menuju Main Stadium, pemerintah juga telah menyiapkan jalan utama high great high way. Hanya saja, jalan tersebut masih dalam tahap pembangunan. “Saat ini sudah ada empat jembatan yang sudah dibangun. Sebagian jalan juga telah dibangun. Itu dari APBN dan APBD Sumbar,” jelasnya.

Untuk Main Stadium ini dibutuhkan lahan seluas 53 hektare. Sedangkan untuk desainnya, telah disayembarakan kepada arsitek-arsitek dari anak nagari.

Main Stadium ini akan didirikan dengan tiga lantai yang luas bangunannya 65 ribu meter persegi dengan kapasitas penonton 40 ribu sampai 45 ribu penonton, dengan tribun level 2 dan level 3. Kemudian, untuk menuju tribun ada sebanyak 12 titik tangga. (d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top