Menu

Sport Center Sumatera Barat Perlu Dukungan

  Dibaca : 94 kali
Sport Center Sumatera Barat Perlu Dukungan
TINJAU—Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa didampingi Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meninjau Stadion Utama Sumbar di Sikabu Lubukalung.

PDG.PARIAMAN, METRO
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mendampingi kunjungan kerja (Kunker) Menteri PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indonesia Suharso Monoarfa meninjau pembangunan Stadium Utama Sumatra Barat, Sikabu Lubukalung, kemarin.

Mentri PPN/ Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, untuk melanjutkan pembangunan seperti ini sebenarnya bisa diselesaikan dengan anggaran daerah saja, namun jika dilihat dari keuntunganya anggaran tersebut lebih efefktif digunakan untuk kepentingan yang lain. Namun, ini dapat dikatakan sebuah gagasan untuk memancing partisipasi pemerintah pusat

“Stadium Utama Sumbar ini dapat dilaksanakan dengan 3 pilihan yakninya jika digunakan dengan mekanisme Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) maka aset ini diserahkan kepada pemerintah pusat dan pembangunan akan bisa dilanjutkan kembali,” ujar Suharso.

Dikatakan Suharso, kemudian dengan pilihan kedua dengan cara melakukan bekerjasama dengan pihak swasta atau BUMN dan ini sangat memungkinkan karena ada sumber- sumber revenue yang bisa menjadi sumber pembiayaan untuk menyelesaikan pembangunan stadium ini. Cara yang ketiga dapat dilakukan dengan pinjaman daerah ke SMI namun ini dikira akan lebih bera, kecuali ada keputusan dari DPRD untuk menyetujui pengajuan pinjaman tersebut dan itu akan mengganggu viskal daerah.

Stadion Utama Sumbar menjadi bagian dari Sport Center Sumbar yang juga meliputi Stadium Aquatic, GOR multicabang olahraga, GOR Terbuka, Wisma Atlet, serta prasarana penunjang lain seperti plaza, tempat parkir, dan taman. “Bappenas mengapresiasi pembangunan stadion ini, menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Sumbar yang menginisiasi pembangunan stadion dengan dana APBD agar prestasi olahraga meningkat,” ujar Suharso.

Peningkatan prestasi olahraga merupakan salah satu sasaran prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021.

Dikatakan Suharso, dalam meningkatkan prestasi olahraga, pemerintah berupaya melaksanakan pembinaan olahraga usia muda di daerah dengan olahraga prestasi nasional, memfokuskan pembinaan olahraga pada cabang olahraga Olimpiade hingga Paralimpiade.

“Kemudian menjaring potensi daerah, serta meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana olahraga. Ke depan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, peningkatan prestasi olahraga Indonesia juga diwujudkan melalui Manajemen Talenta Nasional (MTN),” kata Suharso.

Ia berharap masyarakat mendukung penuh pembangunan Sport Center Sumatera Barat, memanfaatkannya, utamanya untuk pembinaan olahraga prestasi yang sejalan dengan defining victory olahraga nasional dan meningkatkan budaya olahraga masyarakat.

Pembangunan Stadion Utama Sumbar di Sikabu, Lubuk Alung, Kabupaten Padangpariaman ini telah dimulai pembanguananya sejak 2015. Saat ini progres pembangunan fisiknya telah mencapai peresentase 40 persen.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Padangpariaman Suhatri Buar menyerahkan proposal beberapa rencana pembangunan sarana dan prasarana kebutuhan masyarakat dengan harapan semoga menteri dan timnya dapat membahas di kementerian. “Kemudian mengalokasikan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk pembangunan di Kabupaten Padangpariaman,” ujar Suhatri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional